Find Us On Social Media :

Fakta Menarik Tentang Payudara Wanita

By K. Tatik Wardayati, Minggu, 15 Juni 2014 | 20:30 WIB

Fakta Menarik Tentang Payudara Wanita

Intisari-Online.com – Tidak salah rasanya kalau pria selalu melirik payudara wanita. Penelitian University of Nebraska-Lincoln, menemukan bahwa pria menghabiskan lebih banyak waktu mengerling pada dada wanita daripada bagian tubuh lainnya. Sayangnya, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa menatap payudara wanita sebenarnya bermanfaat bagi kesehatan.

Mau tahu apa fakta menarik tentang payudara wanita? Simak berikut ini, yang disarikan dari menshealth.

Ukuran payudara bisa berubah

Menurut National Institute of Health, tingkat hormon progesteron dan prolaktin pada wanita meningkat sekitar satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Ini menyebabkan untuk mempertahankan lebih banyak air dan kelenjar payudara dan kelenjar susu bertambah besar, termasuk ukuran bra-nya. Pada beberapa wanita, payudara membesar seukuran mangkuk bra yang lebih besar. Pada saat itulah, stimulasi bisa lebih menyakitkan dan mengurangi gairah seksual, jelas Leah Millheiser, MD, di Stanford School of Medicine.

Ada orgasme payudara

Peneliti Rutgers University menggunakan fMRI, menemukan bahwa stimulasi putting mengaktifkan lobulus paracentral medial, atau bagian dari otak wanita yang juga berhubungan dengan tindakan genital. Dalam sebuah penelitian terhadap 213 wanita, 29 persen dari para wania tersebut melaporkan mengalami putting-gasm.  Cobalah untuk menjelajah payudara pasangan setiap setimeternya dengan diikuti belaian pada putingnya. Letakkan ibu jari dan telunjuk pada puting payudara, sedikit jilat dengan ujung lidah. Cobalah dengan menggunakan es batu di mulut Anda, maka akna meningkatkan sensasi berlebihan. Yang penting, bersabarlah. Respon setiap wanita akan berbeda-beda, tapi paling tidak hal ini bisa memakan waktu sekitar 20 menit.

Jangan hanya pada target.

Ingat, bahwa seluruh dadanya penting. Puting sebenarnya yang paling sensitif tehradap sentuhan, kata Debbie Herbenick, PhD., Profesor Kesehatan Seks Pria di Indiana University Kinsey Institute. Penelitian terhadap 150 wanita menyebutkan merasa sensasi pada 2 jam pertama, pada areola, daerah gelap  yang mengelilingi puting dan puting itu sendiri. Jangan hanya fokus pada satu bidang, semakin banyak wilayah yang dijelajah, semakin baik.

Salah satu mungkin lebih besar

Ini adalah salah satu fakta menarik tentang payudara wanita. Jangan panik bila melihat payudara wanita sedikit miring. Sekitar seperempat dari wanita memiliki satu payudara yang lebih besar dari yang lain, kata Keri Peterson, MD, seorang dokter penyakit dalam dan kontributor medis kesehatanwanita. Sekitar 65 persen wanita dengan payudara asimetris, sebelah kiri yang mendominasi. Sebuah penelitian Turki menunjukkan bahwa sisi kiri tubuh memiliki hipersensitivitas kekebalan tubuh yang lebih tinggi, faktor yang mempengaruhi hormon seperti estrogen yang mengontrol bentuk dan ukuran payudara. Ketidakrataan ini akan semakin memprihatinkan jika salah satu payudara tiba-tiba menjadi lebih besar daripada yang lain. Jika itu terjadi, ini bisa menjadi tanda-tanda infeksi, kista, atau bahkan kanker payudara.

Bantu si wanita dengan bermain dokter Jika Anda merasa sesuatu yang aneh di balik bajunya, ajaklah pasangan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan bahwa semuanya normal. Mayoritas dari benjolan menakutkan berubah menjadi massa non-kanker disebabkan oleh perubahan hormonal, seperti kista, yang biasanya terasa seperti anggur lembut, atau massa bergerak seperti karet. Lakukan kontrol kesehatan setahun sekali, atau kurang dari itu bila memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga.

(Baca juga: Cegah kanker payudara dengan sadari.)

Nah, kini Anda mengetahui fakta menarik tentang payudara pada wanita. (menshealth)