Find Us On Social Media :

Perlu Playful Saat Jenuh Berhubungan Seks dengan Pasangan (4)

By Birgitta Ajeng, Sabtu, 28 Juni 2014 | 20:00 WIB

Perlu Playful Saat Jenuh Berhubungan Seks dengan Pasangan (4)

Intisari-Online.com - Layaknya rutinitas yang dilakukan setiap hari, hubungan intim suami-istri bisa mencapai titik jenuh. Saat jenuh berhubungan seks dengan pasangan, seseorang perlu memperhatikan makanan, olahraganya, dan beberapa kita yang akan dibahas di dalam tulisan ini.

---

Dari hal-hal di atas, ada empat hal yang dapat Anda lakukan bersama pasangan untuk dapat menumbuhkan kembali kehidupan seksual dalam rumah tangga sehingga tidak lagi terjebak dalam rasa jenuh berhubungan seks dengan pasangan. Pertama, lakukan 5-T, yaitu talk, time, trust, touch, dan tolerance. Luangkan waktu untuk dapat melakukan aktivitas berdua, dan percayai pasangan Anda.

(Baca juga: Pria Hobi Mengatur Bikin Wanita Selingkuh)

Cobalah untuk berkomunikasi secara nonverbal (tidak hanya komunikasi verbal) untuk menunjukkan perasaan. Misalnya dengan sentuhan. Dalam berinteraksi dengan pasangan, perlu adanya toleransi dengan kondisi masing-masing.

Kedua, diskusikan hal-hal apa yang Anda dan pasangan sukai dalam hal seks. Hal ini diharapkan dapat menjembatani perbedaan antara harapan dan keinginan Anda berdua.

Ketiga, perubahan gaya hidup. Misalnya, pengaturan pola makan, istirahat, dan berolahraga yang cukup. cobalah cari informasi mengenai makanan-makanan yang dapat membangkitkan gairah seksual (afrodisiak) dan makanan yang perlu dihindari yang dapat membuat hubungan seksual kurang menyenangkan.

Perlu juga dipertimbangkan bahwa konsumsi alkohol, nikotin, dan obat-obatan yang berlebihan dapat mempengaruhi performa seksual. Dengan ritme hidup perkotaan seperti Jakarta, cobalah cari waktu untuk dapat beristirahat yang cukup dan menerapkan pola hidup yang sehat sehingga Anda tidak terjebak dalam aktivitas perkotaan yang monoton dan melelahkan. Selain itu, tidak terjebak pula dalam rasa jenuh berhubungan seks dengan pasangan.

(Baca juga: Dapatkah Pria Alami Multiorgasme?)

Yang terakhir, jika ada kemungkinan gangguan fisik, coba konsultasikan dengan ahli. Kurangnya hasrat ataupun minat untuk melakukan hubungan seksual bisa jadi disebabkan oleh kondisi fisik, misalnya abnormalitas anatomi tubuh yang menyebabkan Anda sulit atau tidak dapat mendapatkan rasa nyaman saat berhubungan seks. Mungkin perlu dikonsultasikan kepada ahli.

Jika segala pendekatan sudah Anda lakukan namun tetap tidak berhasil untuk menumbuhkan atau membangkitkan kehidupan seksual, mungkin ada masalah lain dalam rumah tangga Anda yang belum terselesaikan. Terkadang dibutuhkan kehadiran pihak ketiga untuk dapat membantu penyelesaian permasalahan Anda. Terus usahakan, jangan sampai jenuh berhubungan seks dengan pasangan menghinggapi Anda.

-selesai-

---

Tulisan ini ditulis oleh Indah Sari hutauruk, M.Psi., fakultas Psikologi universitas Indonesia. Tulisan ini dimuat di Majalah Intisari edisi Extra Mei 2014 dengan judul asli Perlu Playful Saat Jenuh Bersetubuh.