Find Us On Social Media :

10 Penyebab Ketidaksuburan yang Paling Umum (1)

By Axel Natanael Nahusuly, Kamis, 16 Oktober 2014 | 20:00 WIB

10 Penyebab Ketidaksuburan yang Paling Umum (1)

Intisari-Online.com - Sulit memiliki anak merupakan salah satu masalah besar bagi pasangan suami-istri. Karena itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab ketidaksuburan paling umum yang di alami kebanyakan orang. Apa saja itu?

Berikut 10 penyebab ketidaksuburan paling umum yang di alami kebanyakan orang.

1. Gangguan ovulasi Salah satu ketidaksuburan sering kali disebabkan oleh masalah pada produksi sel telur pada wanita. Misalnya, sindrom ovarium polikistik, yakni kondisi medis yang membuat ovarium silit untuk menghasilkan telur. Selain itu bisa pula, kegagalan prematur ovarium, yakni suatu kondisi di mana ovarium seorang wanita berhenti menghasilkan sel telur sebelum ia menginjak usia 40 tahun.

2. Merokok Merokok dapat meningkatkan risiko kemandulan pada pria dan wanita. Jika kita sedang menjalani perawatan akibat ketidaksuburan, merokok dapat merusak efek dari pengobatan tersebut. Bahkan jika wanita itu berhasil hamil, ia memiliki risiko keguguran yang tinggi.

3. Umur Setelah seorang wanita berubah menginjak usia 32, tingkat kesuburannya akan mulai menurun. Misalnya seorang wanita 35 tahun, secara signifikan tentu lebih tidak subur daripada wanita yang berusia 20 tahun.

4. Mengkonsumsi alkohol Tingkat konsumsi alkohol memang belum terbukti dapat menurunkan tingkat kesuburan. Namun, perempuan yang telah memiliki tingkat kesuburan yang rendah tentu akan semakin sulit memiliki anak jika ia mengkonsumsi alkohol. Bahkan jika wanita itu sampai hamil, ada kemungkinan bayi memiliki cacat lahir.

5. Obesitas Wanita gemuk atau obesitas umumnya cenderung tidak subur. Karena kelebihan berat badan, memiliki gaya hidup kurang sehat dan kurang olahraga bisa menjadi faktor utama dalam menyebabkan ketidaksuburan.Itulah beberapa penyebab ketidaksuburan paling umum yang di alami kebanyakan orang. Semoga bermanfaat. (Boldsky)