Find Us On Social Media :

Hubungan Seks Pasca Operasi Caesar

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 28 Januari 2015 | 20:30 WIB

Hubungan Seks Pasca Operasi Caesar

Intisari-Online.com – Tanyakan pada setiap ibu yang baru saja melahirkan kapan sekiranya dokter memberinya lampu hijau untuk kembali beraktivitas seks. Biasanya sekitar enam minggu setelah kelahiran. Namun, banyak alangan  karena kelelahan ibu, atau mungkin kekerangan vagina yang disebabkan oleh perubahan homorn menyusui. Bagaimana hubungan seks para ibu pasca operasi caesar?

Pada beberapa wanita, hubungan seksual terasa menyakitkan terus-menerus meski sudah beberapa bulan mereka melahirkan. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa cara persalinan dapat menjelaskan mengapa. Wanita yang menjalani persalinan melalui operasi caesar atau persalinan pervaginam dengan vakum, memilki peluang lebih tinggi mengalami seks yang menyakitkan bahkan 18 bulan setelah kelahiran.

Penelitian yang diterbitkan dalam BJOG: An International Journal of Obstetric and Gynecology, menjelaskan faktor-faktor mengapa ibu baru  merasakan sakit selama hubungan seksual, kondisi medis ini dikenal sebagai dyspareunia.

Para peneliti mengamati 1.244 wanita hamil, meminta mereka menjawab kuesioner tentang hubungan mereka dengan pasangan dan kehidupan seks mereka. Para responden mengisi kuesioner sebelum melahirkan, kemudian tiga, enam, dua belas, dan 18 bulan setelah melahirkan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bersalin dengan operasi caesar atau persalinan pervaginam dengan vakum, dua kali lebih mungkin mengalami seks yang menyakitkan 18 bulan setelah melahirkan. Demikian kutipan dari Women’s Health.

“Hampir semua wanita mengalami rasa sakit selama hubungan seksual setelah melahirkan,” tulis para peneliti. “Temuan ini menunjukkan bahwa laporan wanita yang mengalami dispareunia pada enam dan 18 bulan setelah melahirkan karena pengaruh persalinan.”

Namun, penelitian tersebut tidak membuktikan bahwa prosedur caesar benar-benar membuat hubungan sakit. Kelelahan setelah melahirkan dan menjadi korban kekerasan pasangan juga kemungkinan penyebab dispareunia, menurut penelitian ini.

Intinya, tidak peduli seberapa banyak keturunan keluar dari tubuh Anda, Anda masih dapat melanjutkan kehidupan seks Anda. Yang terpenting adalah apa yang terbaik untuk Anda dan kesehatan bayi Anda. Tapi, bila Anda masih merasakan kesakitan saat berhubungan seks padahal sudah enam bulan berlalu sejak melahirkan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda. Atau gunakan pelumas hingga tubuh Anda benar-benar siap.