Find Us On Social Media :

Tetap Sehat Secara Seksual Seiring Bertambahnya Usia

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 Juni 2015 | 19:15 WIB

Tetap Sehat Secara Seksual Seiring Bertambahnya Usia

Intisari-Online.com – Hanya karena kita bertambah tua, tidak berarti kehidupan seks kita harus sengsara. Kehidupan seks yang sehat merupakan bagian penting dari kesehatan yang baik secara keseluruhan. Hanya mitos saja bila seks harus sengsara saat usia bertambah. Jika kita tetap memberikan perhatian seks yang layak, maka kita dapat tetap sehat secara seksual seiring bertambahnya usia. Kita dapat mempertahankan seks yang sehat dan aktif, tidak peduli berapa usia kita.

Seperti halnya usia, perubahan dalam tubuh kita dapat mempengaruhi kehidupan seks kita. Ini dapat menyebabkan masalah seperti kurangnya kenikmatan saat berhubungan seks atau sulit terangsang.

Pada wanita, perubahan hormon setelah menopause atau histerektomi dapat menyebabkan vagina menjadi lebih pendek, sempit, dan kurang pelumas. Perubahan vagina ini dapat membuat seks menjadi agak tidak nyaman dan kurang menyenangkan. Selain itu, efek psikologis karena penuaan dapat membuat seks kurang menyenangkan bagi beberapa wanita.

Pada pria, penuaan dikaitkan dengan peningkatan risiko menjadi impoten, atau tidak mampu untuk memiliki atau  mempertahankan ereksi. Beberapa pria menemukan, ketika mereka semakin tua, ereksi menjadi kurang tegas atau lebih kecil dari sebelumnya, dan mereka kurang ejakulasi selama orgasme atau kehilangan ereksi lebih cepat setelah orgasme.

Masalah kesehatan lebih sering terjadi pada usia tua, dan kondisi ini berhubungan dengan usia tertentu juga mempengaruhi kepuasan seksual baik pada pria dan wanita, termasuk: radang sendi, diabetes, penyakit jant

Meskipun kita tidak bisa menghentikan proses penuaan, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan seksual kita meskipun kita semakin menua.

Jika pada akhirnya kita memiliki masalah seksual yang dikhawatirkan, sebaiknya berbicara dengan dokter. Dalam beberapa kasus, mengobati masalah kesehatan yang mendasar atau menyesuaikan obat, seperti tekanan darah atau obat diabetes, antihistamin, antidepresan, dapat membantu masalah seksual seperti impotensi.

Ada cara sederhana untuk mengobati berbagai pengalaman masalah seksual yang umum seiring bertambahnya usia. Misalnya, wanita yang bermasalah dengan pelumasan vagina dapat menemukan kepuasaan dengan menggunakan pelumas atau suplemen estrogen vagina. Impotensi pada wanit adapat dikelola dengan obat yang terbaik, terapi penggantian hormon, implan penis, operasi, atau konseling seksual.

Yang jelas, jangan menganggap bahwa seksual kita bisa menghilang seiring dengan bertambahnya usia. Kita tetap masih bisa kok aktif secara seksual pada tahun-tahun yang akan datang.