Find Us On Social Media :

Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

By Monalisa Darwin D, Sabtu, 4 Juli 2015 | 18:45 WIB

Inilah Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesuburan

Intisari-Online.com - Beberapa wanita yang sudah menikah berusaha untuk mendapatkan kehamilan. Penelitian telah menunjukkan bahwa ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan, yaitu memiliki keseimbangan vitamin dan mineral di dalam makanan yang dikonsumsi. Apa saja makanan tersebut?

1. Pisang

Pisang kaya akan vitamin B6 yang dapat membantu mengontrol perubahan hormon. Kekurangan B6 pada wanita dapat mengakibatkan tidak teratur menstruasi dan memiliki sel telur yang buruk.

2. Asparagus

Asparagus mengandung banyak asam folat yang dapat mengurangi risiko kegagalan ovulasi.

3. Almond

Kandungan vitamin E di dalam almond begitu banyak dan ini bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sperma pada pria. Almond merupakan antioksidan yang hebat dalam melindungi sperma dan DNA.

4. Buah jeruk

Penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengonsumsi 1000 mg vitamin C dua kali sehari, akan meningkatkan jumlah dan pergerakan sperma. Vitamin C juga dapat meningkatkan keseimbangan hormon pada wanita.

5. Salmon

Salmon memiliki kandungan mineral selenium yang akan menghasilkan antioksidan untuk melindungi sel telur serta sperma dari radikal bebas. Ini juga berguna untuk mencegah cacat saat lahir atau keguguran.

6. Mackerel      

Ini adalah pilihan makanan bagi mereka yang ingin memiliki anak. Mackerel mengandung asam lemak esensial yang berfungsi menguatkan sistem reproduksi wanita. Penelitian juga menemukan bahwa DHA, salah satu asam lemak yang ditemukan dalam minyak ikan memiliki dampak besar pada kesehatan sperma.

Itulah beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesuburan. Namun, ada baiknya jika kita pergi berkonsultasi kepada dokter untuk mendapatkan kepastian tentang kesuburan kita. Kita juga harus tahu, bahwa ada juga makanan yang mengurangi kesuburan, seperti alkohol, gula, makanan olahan, dan kedelai. (magforwomen.com)