Find Us On Social Media :

10 Tips Kebersihan Seksual (2)

By Monalisa Darwin D, Minggu, 19 Juli 2015 | 14:30 WIB

10 Tips Kebersihan Seksual (2)

Intisari-Online.com - Secara tidak sadar, bagian-bagian tubuh kita, tidak hanya alat kelamin yang terlibat dalam hubungan seksual, masih kotor atau “berantakan”. Definisi kebersihan seksual menurut Bill Taverner, direktur eksekutif Pusat Pendidikan Seks, terkait banyak hal, termasuk komunikasi dengan pasangan. Oleh karena itu, berikut ada 10 tips kebersihan seksual yang harus diperhatikan:

6. Rambut kemaluan

Sebagian orang menganggap rambut kemaluan menjadi masalah serius, sehingga mereka memangkasnya. Sebagain orang lagi percaya bahwa rambut kemaluan dapat menyebar feromon dan membantu seseorang tertarik satu sama lain. Terlepas dari itu, menjaga kebesihan rambut kelamin juga merupakan hal yang penting agar tidak menimbulkan bakteri yang kemudian berkembang dan membahayakan.

7. Hindari yang berbahaya

Maksdunya ini adalah jangan mencoba hubungan seksual yang berbahaya atau ekstrim. Hal ini akan berpengaruh pada kesehatan, beberapa kasus seperti pendarahan dan kulit yang robek telah terjadi. Tidak hanya itu, untuk berhubungan seksual biasa juga disarankan menggunakan kondom agar terhindar dari berbagai penyakit kelamin.

8. Jaga kebersihan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, menjaga kebersihan organ vital kita haruslah rutin. Bersihkan dengan air bersih dan sabun yang cocok. Hati-hati dalam membeli produk yang terkait agar tidak terjadi iritasi.

9. Gunakan celana yang longgar

Celana yang terlalu ketat, akan menyebabkan keterbatasan ruang gerak dan kepanasan. Khususnya bagi pria, menggunakan celana ketat dapat berpengaruh pada kualitas kesuburan dan menyebabkan infeksi, seperti gatal.

10. Saling perhatian

Masing-masing pasangan harus saling perhatian, tidak terkecuali masalah seksual. Jika kita menemukan sesuatu yang aneh, misalnya benjolan pada organ pasangan, maka kita harus memberitahu dan segera mengajak memeriksakannya ke dokter. Hal ini dapat menjadi tindakan untuk mencegah Penyakit  Menular Seksual.

10 tips kebersihan seksual ini semoga dapat membantu Anda dan pasangan untuk lebih peduli terhadap kesehatan alat reproduksi masing-masing. (mensjournal.com)