Find Us On Social Media :

Ingin Seks Lebih Baik Setelah Punya Bayi? Coba Ini!

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 26 Agustus 2015 | 18:45 WIB

Ingin Seks Lebih Baik Setelah Punya Bayi? Coba Ini!

Intisari-Online.com – Ketika memutuskan untuk menikah, Anda dan pasangan tentunya sudah memikirkan akan lahirnya seorang anak dari buah cinta berdua. Setelah buah cinta itu lahir, maka konsekuensinya adalah kehilangan malam romantis dan akhir pekan menjadi tumpahan tangisan bayi, mengganti popok, dan sibuk menyusui. Ingin seks lebih baik setelah punya bayi? Coba ini!

Tetapi ilmu pengetahuan telah menemukan rahasia untuk mempertahankan ikatan pasangan, yaitu membagi tugas orangtua. Menurut penelitian baru, ketika kedua orangtua sama-sama membagi beban kerja mengurusi anak, mereka cenderung berpikir positif tentang hubungan dan kehiudpan seks mereka.

Temuan ini berdasarkan survei dari 500 pasangan heteroseksual, yang mencerminkan sikap egaliter antara ibu dan ayah saat ini. Penelitian ini menujukkan bahwa ketika merawat anak, ketika pasangan berbagi beban kerja dan kedua pasangan terjun mengurus anak, maka menghasilkan hubungan yang lebih tinggi kualitasnya, konflik berkurang, komunikasi lebih baik, dan lebih intim. Demikian penjelasan Daniel Carlson, penulis penelitian dan asisten profesor sosiologi di Georgia State University.

Dalam survei tersebut, orangtua dinilai bagaimana merawat anak dalam rumah mereka. Perawatan anak didefinisikan sebagai membuat dan menegakkan aturan, disiplin, pengawasan, menawarkan pujian, dan bermain dengan anak. Mereka juga dinilai hubungan mereka berdasarkan tingkat kepuasan, berapa banyak konflik yang mereka temui, dan kehidupan seks mereka.

Hasilnya menarik juga. Ketika ibu mengambil sebagian dari perawatan bayi, kedua pasangan cenderung memberikan nilai pada kehidupan seks mereka dengan nilai rendah. Gambaran berubah sedikit ketika ayah menjadi pengasuh utama. Kedua pasangan cenderung terlihat seperti hormat pada kesehatan hubungan mereka dan kehidupan seks sebagai paangan, dengan 50-50. Bahkan, peringkat kualitas kehidupan seks mereka lebih tinggi daripada ibu yang membagi tugas sama. Ayah, memberikan kualitas kehidupan seks mereka dengan nilai rendah.

Jadi, bila ingin kehidupan seks lebih baik setelah punya bayi? Cobalah berbagi tanggung jawab saat mengasuh bayinya! (parents)