Find Us On Social Media :

Hati-hati, Terlalu Lama Bersepeda Sebabkan Disfungsi Ereksi!

By Monalisa Darwin D, Minggu, 20 September 2015 | 18:00 WIB

Hati-hati, Terlalu Lama Bersepeda Sebabkan Disfungsi Ereksi!

Intisari-Online.com - Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Selain mengolah tubuh, bersepeda juga membantu menjaga lingkungan kita dari polusi udara dan polusi suara. Namun, kita juga harus memerhatikan penggunaan sepeda karena ternyata jika terlalu lama bersepeda akan sebabkan disfungsi ereksi.

Beberapa kajian terkait dengan terlalu lama duduk di dudukan sepeda dan disfungsi ereksi menunjukkan fakta. Pengendara sepeda yang menghabiskan waktu terlalu banyak di atas sadel atau dudukan sepeda akan mengalami risiko lebih besar pada masalah disfungsi ereksi.

Bagaimana disfungsi ereksi bisa terjadi akibat dari duduk di sadel sepeda? Ketika kita duduk di di sadel sepeda, maka akan terjadi tekanan pada perineum dan saraf serta pembuluh darah yang bertanggung jawab atas fungsi ereksi.

Secara anatomis, perineum adalah bagian di antara area genital dan anus. Tekanan yang terjadi pada area ini mengakibatkan berkurangnya aliran darah dan oksigen ke penis yang kemudian menjurus ke fibrosis penis. Hal tersebut selanjutnya menyebabkan kesulitan ereksi.

Penggunaan sadel yang sempit akan mengakibatkan peningkatan prevalensi disfungsi ereksi, sehingga untuk kita yang hobi bersepeda atau menjadikan sepeda sebagai alat transportasi, pilihlah sadel sepeda secara bijaksana dan tepat.

Itu dia penjelasan mengapa terlalu lama bersepeda sebabkan disfungsi ereksi. (Mark Leyner & Billy Goldberg dalam “Why Do Men Fall Asleep After Sex?”. Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama)