Find Us On Social Media :

Kondisi Istri saat hamil Tentukan Jenis Kelamin Anak?

By Ade Sulaeman, Rabu, 7 Oktober 2015 | 17:50 WIB

Kondisi Istri saat hamil Tentukan Jenis Kelamin Anak?

Intisari-Online.com - Banyak pasangan yang berkeinginan memiliki anak dengan jenis kelamin tertentu. Namun, orangtua tidak dapat memilih jenis kelamin apa yang dikandung oleh istri. Tapi benarkah keadaan istri yang dialami saat hamil dapat menentukan jenis kelamin apa yang dikandung.

Para peneliti menemukan bahwa perempuan yang memiliki pekerejaan dengan tingkat stres tinggi cenderung akan melahirkan bayi perempuan dibanding laki-laki. Hal tersebut dikarenakan, stres akan memengaruhi pembentukan kelamin bayi. Hal tersebut terjadi pada kawanan hewan yang menjadi contoh penelitian.

Tak hanya itu, sebuah teori yang dikenal dengan hipotesa Trivers-Willard mengungkapkan pendapat yang sama. Ia mengatakan bahwa kondisi kesehatan tubuh istri dapat menentukan jenis kelamin anaknya. Contohnya, istri yang memiliki tubuh sehat cenderung akan melahirkan bayi laki-laki.

Karena anak laki-laki dipercaya bisa menghasilkan lebih banyak keturunan ketimbang perempuan, maka tubuh sang ibu harus benar-benar dalam kondisi sehat untuk bisa “membuat” anak laki-laki. Sebaliknya, ibu dengan kondisi tubuh yang kurang sehat dan cenderung stres, lebih mungkin memiliki bayi perempuan.

Seorang biologis dari University of Calgary, Kanada, Peter Neuhaus menilai bahwa pembentukan jenis kelamin tak bisa sesederhana itu. Meskipun kondisi stres saat hamil bisa berpengaruh terhadap pembentukan jenis kelamin bayi. Namun, masih ada faktor lain yang juga ikut mempengaruhi, seperti genetik, makanan maupun lingkungan.

Meskipun tak ada jawaban yang tepat mengenai hal tersebut, namun para peneliti yakin bahwa jenis pekerjaan dengan tingkat stres maupun kesehatan istri yang sedang hamil, maka sedikit banyak akan memengaruhi jenis kelamin bayi kelak. Oleh karena itu untuk para istri yang ingin memiliki anak laki-laki disarankan untuk dapat lebih sehat sejak awal masa kehamilan.

Akan tetapi yang terpenting menjaga kesehatan istri selama masa kehamilan. Tak peduli jenis kelamin apa yang dikandung, yang penting istri dan juga janin dalam keadaan sehat.

(tabloid-nakita.com)