Find Us On Social Media :

Redakan Amarah Anda dengan Cara Ini

By Ade Sulaeman, Sabtu, 1 Februari 2014 | 19:30 WIB

Redakan Amarah Anda dengan Cara Ini

Intisari-Online.com - Marah dan frustrasi bukanlah hal buruk. Tapi, jika kemarahan itu menjadi tak terkendali membuat Anda merasa lebih buruk, Anda perlu melakukan sesuatu agar hal itu tidak terjadi terus menerus.

Cobalah manajemen kemarahan ini. Jika masih tidak membantu coba untuk mendapatkan bantuan dari luar. Kemarahan bisa Anda redam dengan cara belajar menenangkan diri dari dalam dan luar.

Berikut beberapa teknik yang dapat membantu Anda meredakan kemarahan.

1. Belajar rileks dengan latihan pernapasan dan relaksasi otot.

2. Ketika Anda sedang marah, jangan katakan apa-apa dulu sampai Anda tenang. Jangan sampai Anda mengeluarkan kalimat kasar dalam kondisi marah. Bisa-bisa akan menyakiti hati orang lain. 

3. Setelah Anda bisa berpikir rasional, lihatlah apa yang bisa dilakukan untuk memecahkan kemarahan dan menangani situasi secara rasional.

4. Analisa dan kenali apa yang menyebabkan timbulnya kemarahan itu. Apakah mungkin ada masalah yang sedang Anda pikirkan? Apakah ada masalah yang belum terselesaikan? Lalu, dapatkah Anda mengatasinya?

5.Belajarlah melepaskan masa lalu yang menyakitkan. Maafkan dan melupakan adalah lebih baik karena akan menyembuhkan pikiran Anda.

6. Memiliki rasa humor juga dapat membantu menenangkan pikiran Anda. Tertawa selain menyenangkan juga menyehatkan, lho.

7. Cobalah memahami dan berempati dengan orang lain.

8. Manfaatkan emosi dan kemarahan menjadi energi  yang bermanfaat, misalnya, dalam bidang seni.

9. Mendaftar kursus yang membutuhkan tenaga fisik seperti tenis atau karate. Atau yang memiliki efek menenangkan seperti yoga dan meditasi.

10. Mintalah bantuan teman atau anggota keluarga dalam membantu Anda menguasai kemarahan. (tabloidnova.com)