Find Us On Social Media :

Agar Tetap Tenang Meski di Bawah Tekanan

By Chatarina Komala, Selasa, 18 Februari 2014 | 19:15 WIB

Agar Tetap Tenang Meski di Bawah Tekanan

Intisari-Online.com -- Di masa sekarang, perasaan stres dan tertekan menjadi hal umum yang dihadapi banyak orang. Pekerjaan segudang, tanggung jawab besar, juga komitmen menjadi tekanan yang harus Anda hadapi demi bertahan hidup di dunia yang sangat kompetitif ini. Karenanya, sangat penting untuk tetap tenang meski berada di bawah keadaan seperti itu. Berikut ini lima cara untuk tetap tenang meski Anda sedang di bawah tekanan.1. Tariklah nafas panjangPenelitian menunjukkan, ketika kita marah dan tertekan, nafas kita akan menjadi sangat pendek dan dangkal. Hal ini akan mengakibatkan tubuh melepaskan hormon stres. Tarikan nafas yang dalam dan panjang akan memberikan efek tenang pada saraf Anda, dan Anda akan mulai merasa tenang seketika. 

2.  Alihkan pikiranJika memungkinkan, carilah waktu untuk keluar. Anda dapat berjalan-jalan, mendengarkan musik, berolahraga, atau melakukan sesuatu yang berbeda yang dapat mengalihkan pikiran Anda dari masalah atau hal-hal yang menekan Anda. Setelahnya, Anda akan kembali segar dan siap untuk menangani situasi. Namun, jika tidak memungkinkan, Anda bisa pergi ke kamar mandi dan memercikkan sedikit air ke wajah Anda, atau berjalan naik dan turun tangga. Segala cara dapat Anda lakukan untuk mengalihkan pikiran sejenak dari hal-hal yang membuat Anda tertekan. 3. Tetap optimisCari hal positif dan fokuslah pada hal tersebut. Tidak ada hal yang lebih baik untuk segera mengubah cara Anda berpikir dan merasa. Pikiran positif, kata-kata, dan bertemu orang-orang, dapat Anda untuk tenang seketika. Hal itu dapat membuat Anda menyadari bahwa banyak hal tidak seburuk yang terlihat dan selalu ada jalan keluar dari semua masalah.

4. Tidurlah sebentar Beristirahat dengan tidur sejenak adalah salah satu hal yang dapat menenangkan Anda ketika Anda di bawah tekanan. Meskipun itu hanya selama 20-30 menit, Anda akan takjub melihat betapa berbedanya perasaan Anda ketika bangun. Tidur memberikan istirahat bagi otak dan memampukan Anda untuk melihat hal-hal dari sudut pandang yang baru setelah Anda bangun. 5. Cari waktu untuk berdoaJika Anda percaya pada keberadaan "kekuatan yang lebih tinggi", Anda akan menemukannya. Doa bisa sangat membantu dalam menghadapi situasi stres. Menyerahkan masalah Anda pada kekuatan yang lebih tinggi, berdoa untuk bimbingan dan jalan keluar dapat membantu Anda percaya bahwa Anda akan selalu baik-baik saja.   Tetap tenang memang penting untuk menjadi sukses dalam semua aspek kehidupan. Cara-cara tersebut akan membantu Anda untuk tetap tenang saat berhadapan dengan rumah, karir, hubungan, keuangan, dan beragam faktor yang dapat menyebabkan stres. (Magforwomen)