Find Us On Social Media :

Haruskah Membayar Kerabat yang Mengasuh Anak Kita?

By Ade Sulaeman, Rabu, 26 Februari 2014 | 07:30 WIB

Haruskah Membayar Kerabat yang Mengasuh Anak Kita?

Intisari-Online.com - Haruskah membayar kerabat yang mengasuh anak kita? Jawabannya: Ya, Anda harus membayarnya! Tapi bukan berarti orang itu harus menerima pembayaran dalam bentuk uang. Apalagi beberapa orang biasanya akan menolak pembayaran.

(Baca juga 5 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Anak Harus Diasuh Kerabat dan ‘Plus-Minus’ Jika Anak Diasuh Kerabat

Jika hal ini juga Anda alami, Anda bisa mencoba banyak cara untuk “membayar” mereka. Misalnya saja, dengan mengajak mereka makan di restoran, nonton di bioskop, memberikan kado spesial, menawarkan membayar tagihan rumah tangga, atau lainnya.

Selain itu, mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda sepakati. Mungkin perjanjiannya tidak harus berupa surat kontrak, tapi usahakan tertulis. Berikut kesepakatan yang bisa kalian buat:

1.  Apa yang akan Anda bayar.  Apakah itu uang makan atau juga waktu yang dimilikinya untuk anak Anda.

2. Bagaimana Anda akan membayarnya?  Apakah tunai atau transfer. Dan apakah ia dibayar mingguan atau bulanan.

3.  Apakah  ada hari libur.  Dengan memberikannya hari libur berarti Anda memahami bagaimana sulitnya mengurus anak setiap hari dan Anda menghargai bantuannya.

4. Bayaran tambahan.  Perawatan relatif akan membutuhkan beberapa biaya tambahan. Misalnya, makanan, mainan yang sesuai dengan usia, berbagai permainan dan kegiatan, dan sebagainya. Jika kerabat Anda membelikan hal-hal ini pada anak, pastikan Anda menggantinya.

(Ester/tabloidnova.com)