Find Us On Social Media :

3 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Baik

By Chatarina Komala, Jumat, 28 Februari 2014 | 19:15 WIB

3 Alasan Pentingnya Berkomunikasi dengan Baik

Intisari-Online.com – Komunikasi merujuk pada bagaimana orang saling berbagi pandangan dan pikiran dengan orang lain. Cara efektif berkomunikasi, misalnya membaca, menulis, berbicara, dan lain sebagainya.Komunikasi sendiri memiliki manfaat dalam segala bidang. Tak hanya itu, kemampuan berkomunikasi yang baik juga dapat mengubah hidup seseorang. Berikut ini 3 alasan pentingnya berkomunikasi dengan baik. 1. Pesan sampai dengan tepatKomunikasi yang baik menjamin adanya pertukaran pikiran dan pandangan yang benar sehingga tidak terjadi kebingungan. Jika sebuah hal tidak dikomunikasikan dengan baik, maka orang akan sulit mengerti. Jika dibiarkan, masalah pun akan timbul sebagai dampaknya.Pada tahap awal kehidupan, seorang anak akan diajarkan dan belajar banyak hal dari orang lain. Berkomunikasi dengan mereka lewat perkataan dan tindakan yang baik, dapat memberikan kesan yang dalam pada mereka. Selain itu, mereka juga dapat tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik. 

2. Komunikasi dibutuhkan dalam berbagai pekerjaan

Setiap pekerjaan membutuhkan komunikasi. Bukan hanya berfungsi menjalin dan menghubungkan satu orang dengan yang lainnya, komunikasi juga berperan penting dalam sebuah perencanaan, koordinasi, dan informasi.Komunikasi yang efektif juga dapat menginspirasi banyak orang untuk memperjuangkan sesuatu. Karenanya, komunikasi adalah sesuatu yang bertanggung jawab untuk mengubah hidup banyak orang, dengan catatan: harus dilakukan secara efektif.  

3. Memperkuat hubungan

Kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting untuk menjalin dan memperkuat hubungan. Tanpa komunikasi dan interaksi, segala hubungan manusia menjadi tidak bermakna. Bahkan dalam dunia pekerjaan, ketiadaan kemampuan komunikasi yang baik dengan teman ataupun atasan juga dapat menghambat kesuksesan seseorang. Sekalipun, orang tersebut sangat baik dalam bekerja. Selain itu, komunikasi dan interaksi yang baik juga dapat menjadikan seseorang lebih unggul daripada orang lain saat wawancara kerja.(baca juga: Komunikasi Terbaik

Oleh karena itu, jelas bahwa keterampilan komunikasi yang sempurna adalah sebuah anugerah bagi setiap orang dan itu sangat menentukan keberhasilan seseorang dalam hidupnya. (Magforwomen)