Find Us On Social Media :

Menjadi Pimpinan yang Baik di Tempat Kerja

By Chatarina Komala, Kamis, 6 Maret 2014 | 13:00 WIB

Menjadi Pimpinan yang Baik di Tempat Kerja

Intisari-Online.com - Memang, menjadi pemimpin sebuah perusahaan bukan tugas yang mudah. Tak peduli jenis kantor tempat Anda bekerja, dibutuhkan keterampilan yang profesional. Berikut ini lima cara menjadi pimpinan yang baik di kantor Anda.1.  Lakukan sedikit latihanMenjadi orang yang akhirnya harus bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi di kantor memang tak main-main. Anda perlu pelajaran sebelum akhirnya menghadapi hal tersebut di dunia nyata. Karenanya, latihlah keterampilan Anda. LSM, badan amal, atau asosiasi alumni adalah tempat yang baik untuk menguji kemampuan Anda.2. Tahu dengan lingkungan yang akan dihadapiMelakukan beberapa pekerjaan adalah penting sebelum memutuskan untuk melompat ke tahap yang lebih jauh. Sebelum Anda mengambil peran pemimpin, sangat disarankan untuk terlebih dahulu mengamati dan berkenalan dengan teman kerja, pekerjaan kantor, dan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang tempat kerja Anda. 

(Baca juga: 8 Sifat Pemimpin yang Baik)3. Buat diri Anda terlihat Setelah mempersiapkan untuk mengambil peran sebagai pemimpin, Anda juga harus melatih diri dan berfokus agar "terlihat". Semua keterampilan akan menjadi sia-sia jika Anda tak terlihat oleh orang lain.Cara kerja Anda, pengetahuan, dan tindakan akan membuat orang-orang dalam tempat kerja Anda "melihat" Anda. Jika orang tahu kemampuan memimpin dan cara kerja Anda, mereka akan melihat Anda sebagai calon pemimpin. 4. Membangun relasi yang bergunaCobalah untuk membangun relasi yang saling menguntungkan dengan para veteran di kantor. Ini akan membantu Anda memperoleh inspirasi dan mengambil pelajaran dari pengalaman mereka. Bahkan, Anda juga bisa menemukan mentor di antara mereka yang akan membantu Anda berjalan dengan cara yang benar. 5. Menjadi contoh yang benarSebagai seorang pemimpin, itu adalah tugas Anda untuk memberikan contoh yang benar dan memaksa orang sekitar untuk mengikuti jejak Anda. Bertanggung jawablah dengan sebaik mungkin. Tawarkan bantuan sebanyak yang Anda bisa dengan teman bahkan senior Anda. Selain itu, Anda juga harus berani dalam mengambil risiko.Sebagai seorang pemimpin yang baik, biasakan diri Anda untuk terus mencari ide-ide segar yang baru dan kreatif. Tak hanya mengekspresikan ide, Anda juga harus terbuka untuk mendengarkan dan menganggap itu sebagai saran bagi perbaikan. (Magforwomen)