Find Us On Social Media :

Dalam Karir, Wanita Lebih Ambisius

By Chatarina Komala, Senin, 10 Maret 2014 | 18:30 WIB

Dalam Karir, Wanita Lebih Ambisius

Intisari-Online.com - Sebuah survei terbaru yang dilakukan The Wall Street Journal menunjukkan, perempuan muda memiliki ambisi yang lebih besar dalam hal karier dibandingkan pria. 

Hal ini dikarenakan, sekitar dua per tiga atau hampir 70 persen perempuan menganggap bahwa penghasilan besar adalah prioritas utamanya. Sementara itu, hanya 59 persen pria yang menjadikan penghasilan sebagai prioritas utama. Angka tersebut didapat berdasarkan penelitian yang dilakukan Pew Research Center di Washington.

Perbandingan ini sangat berbeda dari hasil penelitian dari lembaga penelitian yang sama pada tahun 1997 lalu. Pada saat itu, data mengungkapkan perbandingan wanita yang memiliki keinginan mendapatkan penghasilan tinggi sebanyak 56 persen, sementara pria mencapai 58 persen.

Hasil yang berkebalikanHasil survei tersebut ternyata berkebalikan dengan anggapan yang masih saja dijadikan patokan. Di masa kini, pria dianggap lebih mapan dibanding wanita secara finansial maupun karier. 

Meski begitu, penelitian ini turut menunjukkan bahwa perempuan muda masa kini yang fokus dalam meniti karier tetap menempatkan keinginan menjadi orangtua yang baik di urutan teratas. Disebutkan, enam dari sepuluh perempuan pada rentang usia 18 hingga 34 tahun menginginkan dirinya menjadi orangtua yang baik lebih dari apapun. Perbandingan itu mengalami kenaikan sebanyak 17 persen dibanding hasil yang didapat pada tahun 1997.

“Wanita masa kini memiliki keinginan untuk sukses dalam berkarier tanpa mengorbankan hal lain, seperti keluarga,” ujar Kim Parker, associate director  dari Pew Social and Demographic Trends. (Tabloid Nova)