Find Us On Social Media :

Survei: Perempuan Sekarang Lebih Memilih Rumah Ketimbang Cincin Pernikahan

By Chatarina Komala, Senin, 17 Maret 2014 | 20:30 WIB

Survei: Perempuan Sekarang Lebih Memilih Rumah Ketimbang Cincin Pernikahan

Intisari-Online.com- Sebuah survei dari Era Real Estate yang dilakukan terhadap 1000 pasangan, menemukan fakta bahwa perempuan zaman sekarang sudah hilang minat pada cincin pertunangan, meski yang berbaurkan berlian sekalipun. Tetapi mereka masih memiliki minat yang besar terhadap cincin pernikahan.(Baca juga: 9 Pertanyaan Kunci Pernikahan Bahagia)

Hal tersebut membuktikan, ritual pertunangan yang selalu divisualisasikan secara romantis, ternyata tak lagi diminati oleh para wanita. Sebaliknya, perempuan kini mulai berpikir lebih realistis mengenai aksi romantis dan kebutuhan hidup di masa depan.

Kesimpulan tersebut diperoleh dari data survei yang menyebutkan bahwa 50 persen responden perempuan berusia 20-an lebih memilih agar uang cincin pertunangan dijadikan uang muka pembelian rumah yang akan ditempati bersama nantinya.  Disambut positif 

Keinginan tersebut disambut pihak pria sebagai ekspektasi yang positif. Sebab, beberapa calon pengantin pria mengaku bahwa mereka menghabiskan uang lebih yang lebih banyak untuk membeli cincin berlian, dan dianggap sebagai pemborosan. (Baca juga: Pernikahan Tak Bahagia Rugikan Kesehatan)

Bahkan 18 persen responden menyatakan mereka telah menolak cincin pertunangan dari sang kekasih, dan meminta agar uang tersebut dialokasikan untuk sesuatu yang lebih bermanfaat untuk masa depan mereka nanti. Hasil survei juga mengatakan bahwa ikatan cinta akan semakin kuat apabila masing-masing pasangan mengumpulkan uang untuk membeli rumah. (Christina Andhika Setyanti, Kompas)