Find Us On Social Media :

6 Langkah Mengontrol Kemarahan

By Chatarina Komala, Rabu, 19 Maret 2014 | 09:00 WIB

6 Langkah Mengontrol Kemarahan

Intisari-Online.com - Perasaan kesal dan marah memang wajar terjadi. Apalagi ketika banyak hal tak berjalan sesuai rencana dan perkiraan kita. Namun, bila dilakukan secara terus menerus, perasaan marah juga dapat membahayakan kesehatan, mental, bahkan hubungan sosial Anda. Berikut ini adalah 6 langkah dalam mengontrol kemarahan, sebelum itu merugikan Anda sendiri.
1. Minum airMinum air merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meredakan kemarahan Anda. Meminum segelas penuh air tidak hanya dapat menenangkan pikiran dan saraf Anda, melainkan juga dapat membersihkan pikiran Anda. Hasilnya, Anda pun akan merasa lebih tenang, damai, dan mampu berpikir jernih. 
 
2. Hindari konfrontasi
Memang, ketika marah, rasanya Anda ingin langsung saja melampiaskan kemarahan Anda kepada pihak yang Anda anggap "lawan". Namun, alih-alih berharap hal itu dapat menyelesaikan masalah, keadaan justru malah akan menjadi lebih buruk. Ketika Anda marah dengan pasangan Anda, Anda hanya perlu meninggalkan ruang untuk sementara waktu. Hindari berargumen dan berdebat saat marah. Anda mungkin akan mengatakan hal-hal buruk yang bisa menyakiti pihak lawan. (Baca juga: 
3. Tarik nafas dalam-dalam
Setiap kali Anda merasa kesal, Anda hanya perlu menarik nafas panjang dan dalam, lalu tahan selama beberapa detik, dan kemudian buang nafas Anda pelan-pelan. Lihatlah, bagaimana hal tersebut mampu menurunkan emosi Anda dalam sekejap!4. Berjalan-jalan Ajak diri Anda berjalan-jalan ketika merasa ingin marah. Anda bisa memulainya dengan sekadar berjalan-jalan di tempat, lari pagi, atau pergi ke toilet untuk menenangkan diri. Berjalan-jalan dapat memberikan pikiran Anda jeda untuk rileks, sehingga dapat berpikir rasional. Kemarahan yang tadinya melekat pun dapat mereda dengan cepat. 
5. Menghitung angka
Menghitung angka diyakini dapat mengontrol dan menurunkan kemarahan yang meledak-ledak. Ambil beberapa saat dan mulai menghitung 1-10 dalam urutan menurun . Ini dapat membantu memperlambat jalannya emosi Anda.   
8. Tertawa 
Tertawa membantu melepaskan endorfin yang sehat. Ini dapat cepat menurunkan tingkat kemarahan Anda. Meskipun suasana sedang panas, cobalah tertawa pada saat ini seolah Anda sedang mendengar atau menyaksikan hal paling lucu dalam hidup Anda. Setelahnya, Anda akan melihat betapa mudah solusi akan muncul. (Magforwomen)