Find Us On Social Media :

5 Tips Menenangkan Bayi yang Menangis

By Chatarina Komala, Rabu, 19 Maret 2014 | 19:00 WIB

5 Tips Menenangkan Bayi yang Menangis

Intisari-Online.com - Sebagai orangtua, memang menyenangkan ketika mendengar tangis bayi untuk pertama kalinya. Namun, setelah beberapa minggu, tangis bayi kadang berubah menjadi hal yang menjengkelkan bagi Anda. Apalagi jika tangis bayi tak kunjung mereda. Tidak heran, banyak orangtua yang mengeluh kurang tidur, bahkan putus asa menangani tangis bayi. Ada banyak alasan yang menyebabkan seorang bayi menangis. Namun, Anda dapat menggunakan 5 tips berikut untuk menenangkan bayi yang menangis. (Baca juga: Bayi Menangis Bisa Juga Bohongan
1. Membungkusnya dengan kain atau selimut 
Perasaan terbungkus dalam selimut akan mengingatkan anak dari perasaan hangat dan nyaman saat berada di rahim. Cara ini cepat dalam menenangkan bayi. Namun, Anda harus ingat untuk tak terlalu ketat ketika "membungkus" si bayi. Alih-alih mereda, bungkusan yang terlalu ketat bisa membuat tangisan bayi makin parah. 
2. White noise

White noise merupakan kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. White noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur. Contoh sederhananya: ketika Anda berada di kamar dan merasa terganggu dengan percakapan orang-orang di luar, Anda menyalakan kipas angin agar bunyinya dapat menutupi suara-suara percakapan tersebut. 

Ketika bayi masih berada di dalam rahim, bayi dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara-suara yang ada di luar rahim, terdengar  mirip dengan white noise. Selain suara-suara tersebut, ia juga mendengar detak jantung ibu, suara bernafas ibu, suara ibu berbicara, dan suara ibu bernyanyi. Karena suara white noise mirip dengan suara yang ia kenal ketika masih berada di dalam rahim, bayi yang sedang menangis dapat berhenti menangis bisa mendengarkan white noise.

Anda juga bisa mencoba untuk menciptakan lingkungan rahim yang menenangkan dengan white noise untuk menghibur bayi. Sebuah suara tingkat rendah seperti suara kipas atau radio lagu statis dapat membantu menenangkan bayi. 
3. Gunakan dot
Bayi memiliki naluri yang kuat untuk mengisap sesuatu. Oleh karena itu, menggunakan dot untuk menenangkan bayi yang menangis adalah ide yang baik. Bahkan, penelitian juga menemukan bahwa dot bahkan dapat mencegah sindrom kematian bayi mendadak ( SIDS ).(Baca juga: Pemberian Dot Pada Bayi
4. Membuat suara 'shushing'
Berbisik dengan suara lembut dan menyuruh mereka untuk diam akan membantu dalam menenangkan bayi Anda. Namun, jika hal tersebut tak berhasil, Anda bisa melakukan "shushing" yaitu membuat suara "Sus...." di telinga bayi. (Baca juga: Menenangkan Kolik pada Bayi
5. Pindahkan bayi ke sekitar
Bayi melakukan banyak gerakan ketika mereka berada dalam kandungan. Anda bisa meniru gerakan-gerakan ini dengan menjaga bayi bergerak sehingga hal tersebut bisa menenangkannya. Anda bisa menempatkan bayi di ayunan, pangkuan, atau kursi goyang. (Magforwomen)