Find Us On Social Media :

Perempuan Lebih Sakit Hati Jika Pasangannya Selingkuh Hati

By Chatarina Komala, Kamis, 20 Maret 2014 | 20:00 WIB

Perempuan Lebih Sakit Hati Jika Pasangannya Selingkuh Hati

Intisari-Online.com - Sebuah studi dari Kansas State University yang dilakukan terhadap 477 orang dewasa mengungkapkan, sebagian besar perempuan lebih rela jika pasangannya berselingkuh melalui hubungan seksual dengan perempuan lain, daripada berselingkuh hati dengan perempuan tersebut. 

(Baca juga: Curiga Pasangan Selingkuh? Jangan Langsung Menuduh, Kenali Dulu Tanda-tandanya!)

Sebanyak dua pertiga dari perempuan yang disurvei mengatakan, menyadari pasangan selingkuh hati dengan perempuan lain lebih menyakitkan daripada jika pasangan berhubungan seks dengan perempuan tersebut. Sebaliknya, dua pertiga laki-laki tidak bisa menerima jika pasangannya berada di tempat tidur dengan pria lain, ketimbang jika "hanya" mencintai pria tersebut.

“Para pria menyatakan bahwa skenario perselingkuhan yang melibatkan aktivitas seksual lebih menyedihkan daripada perselingkuhan yang melibatkan emosi, namun bagi perempuan yang terjadi adalah sebaliknya,” ujar Dr Gary Brase dari Kansas State University, yang menuliskan penelitian tersebut ke dalam jurnal Evolutionary Psychology.(Baca juga: Hati-Hati Selingkuh Hati)Perbedaan pola asuh 

Dalam jurnalnya, Dr Brase menuliskan perbedaan pandangan mengenai ketidaksetiaan didasari oleh sifat alami dan sifat pola asuh yang berbeda. Pria memiliki masalah ketidakpastian mengenai sosok ayah. Mereka tidak pernah bisa benar-benar yakin bahwa bayi membawa gen mereka. Hal inilah yang membuat priasangat sensitif terhadap perselingkuhan seksual daripada perselingkuhan emosional.(Baca juga: Orang yang Pernah Selingkuh Lebih Toleran Terhadap Perselingkuhan)

Di sisi lain, perempuan menghadapi perbedaan masalah dan memastikan bahwa polapaternal atau sikap sang ayah akan mempengaruhi anak mereka. Hal ini membuat perempuan sensitif terhadap perselingkuhan emosional. (Maya Indriyani/ Tabloid Nova)