Find Us On Social Media :

7 Hal Ini Bisa Bikin Stres Menjauh

By Chatarina Komala, Sabtu, 22 Maret 2014 | 20:00 WIB

7 Hal Ini Bisa Bikin Stres Menjauh

Intisari-Online.com- Banyak hal yang dapat memicu Anda stres. Hiruk pikuk perkotaan, polusi udara, hingga tugas kantor yang seolah tiada habisnya. Perasaan stres ini bisa sangat mengganggu hari-hari Anda. Karenanya, penting untuk mengalahkan perasaan stres sebelum stres memberikan efek buruk yang berbahaya bagi Anda. Berikut ini 7 hal yang bisa membuat perasaan stres Anda menjauh pergi. (Baca juga: 4 Tips Kurangi Stres Akibat Tekanan Kerja
1. Pergilah ke tempat yang bernuansa alam
Setiap kali Anda merasa stres, berjalan-jalanlah. Anda bisa pergi ke taman, berjalan di tepi pantai, menjelajah hutan, dan pergi ke tempat yang bernuansa alam. Alam akan mengangkat suasana hati Anda dan mengisinya dengan kedamaian untuk mengusir stres.    
2. Menulis  
Menulis adalah sarana dalam mengekspresikan pikiran Anda. Anda bisa menulis tentang apa saja. Tak selalu menuliskan hal-hal yang membuat Anda stres atau terganggu. Anda bisa menuliskan hobi dan sesuatu yang membuat Anda antusias, atau bahkan sedih. Dengan begini, Anda akan mengalami kekuatan yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.   3. Menikmati makananAnda cenderung tergoda untuk mengonsumsi suatu makanan, namun Anda tidak bisa benar-benar menikmatinya hanya karena takut menambah berat badan, kalori, atau alasan lain.Selama makanan tersebut tidak menyebabkan banyak kerugian, mengonsumsi makanan juga dapat menghancurkan stres. Ada banyak makanan yang bisa menghilangkan stres dan membuat Anda nyaman, seperti coklat, kacang-kacangan, alpukat, dan lain sebagainya. 
4. Minum jus jeruk Jeruk kaya akan vitamin C. Selain itu, jeruk juga dapat mengurangi tingkat kecemasan.
(Baca juga: 5 Langkah Siasati Stres di Kantor
 
5. Menggebungkan mulut seperti balon
Menggembungkan mulut menyerupai balon dengan meniup udara ke dalamnya menyerupai tindakan mengambil napas dalam-dalam. Ketika Anda sedang "mengembangkan balon", Anda sedang bernapas dalam-dalam. Secara tak langsung, ini adalah proses meringankan beban berikut stres dari tubuh Anda. Anda bisa melakukan latihan sederhana ini bahkan ketika Anda berada di tempat kerja karena hampir tidak ada waktu. 
6. Buat atau mendengarkan lelucon 
Anda dapat bergabung dengan teman-teman yang bisa membuat Anda tertawa. Tertawa dapat meredakan saraf tegang. Canda dan tawa dapat membantu Anda meredakan ketegangan Anda. 
7. Melihat foto masa kanak-kanak
Tidak ada yang lebih menghibur daripada pergi melalui kenangan masa lalu yang indah. Masa kanak-kanak selalu menjadi waktu terbaik dari kehidupan setiap orang. Mengenang kembali masa kanak-kanak Anda melalui foto-foto lampau dapat membantu Anda tertawa lega, bahagia, puas, dan merasa damai. (Magforwomen)