Find Us On Social Media :

8 Cara Membuat Atasan Terkesan

By Chatarina Komala, Minggu, 23 Maret 2014 | 13:00 WIB

8 Cara Membuat Atasan Terkesan

Intisari-Online.com- Apakah Anda seorang karyawan baru, atau telah bekerja selama beberapa waktu? Di sini, kesan yang baik dari atasan kepada Anda tentu sangat penting bagi perkembangan karier Anda. Suatu saat nanti, jika perusahaan memutuskan untuk memberhentikan orang sebagai dampak efisiensi biaya, atau mengangkat karyawan ke level yang lebih baik, tentu nama Anda tak akan ada dalam daftar.Lalu, bagaimana cara agar atasan memiliki kesan baik terhadap Anda. Berikut 8 cara untuk mengesankan atasan Anda terkait kemampuan yang Anda miliki.  

(Baca juga: 8 Langkah Menghadapi Atasan yang Gemar mengkritik
1. Memiliki sikap proaktif
Pertama dan terpenting, setiap atasan berharap untuk bawahan mereka bersikap proaktif. Mereka tidak ingin memiliki orang-orang yang perlu diberitahu semuanya setiap hari. Mereka ingin karyawan mereka sudah tahu apa yang perlu dilakukan dan benar-benar melakukannya. Sikap proaktif serta adanya inisiatif tanpa harus diberitahu ini dapat memberikan kesan baik terhadap Anda di mata atasan. 
2. Berusaha untuk lebih baik
Kualitas lain yang harus Anda miliki adalah adanya niat untuk selalu memperbaiki kesalahan. Tidak peduli di bidang mana Anda berada, selalu ada ruang lingkup untuk meningkatkan apa pun yang Anda lakukan. Selalu tertarik dan memiliki keinginan kuat untuk terus meningkatkan pekerjaan Anda adalah hal yang membuat Anda memiliki kesan yang baik.(Baca juga: Trik Mengambil Hati Bos)  
3. Selalu ingin belajar 
Pada setiap titik karir Anda, proses pembelajaran akan terjadi tanpa henti. Bukan berarti Anda tidak cukup tahu, tetapi karena ada begitu banyak hal yang harus diketahui untuk belajar bahwa setiap orang tidak bisa tahu segalanya. Selain itu, ada beragam teknik dan metode yang selalu ditemukan dan diciptakan setiap hari. Bahkan, atasan Anda pun tidak akan tahu segalanya, dan itu baik-baik saja. Yang ditekankan di sini adalah, Anda tetap harus memiliki semangat untuk menyerap pengetahuan sebanyak yang Anda bisa dengan membaca, meneliti, atau berkonsultasi di lapangan. Semangat inilah yang pasti akan membuat atasan Anda terkesan. 
4. Jangan banyak bicara, segera lakukanAkan ada banyak orang yang akan berbicara tentang kelebihan dan bakat mereka, namun ketika ada kesempatan datang, kebanyakan dari mereka akan berusaha menghindari tanggung jawab. Di sini, Anda dituntut untuk tak banyak bicara, selain memberi bukti. Jangan membual tentang segala hal yang Anda mampu. Sebaliknya, ketika sebuah tanggung jawab tiba, segera lakukan dan tunjukkan kepada mereka. Inilah yang kemudian akan memberikan kesan kepada atasan.  
 
5. Jadilah tepat waktu
Karakteristik yang sangat penting lainnya yang pasti akan diperhatikan adalah ketepatan waktu. Pada awal karir mereka atau pekerjaan baru, semua orang akan cukup tepat waktu. Tetapi setelah beberapa hari berlalu, mereka mulai menganggap bahwa sedikit terlambat, tak jadi masalah. Ketepatan waktu secara langsung berhubungan dengan ketergantungan dan kepercayaan. Bila Anda tepat waktu, atasan Anda hampir akan mempercayai Anda secara penuh. 
6. Bertanggung jawab
Sebuah rasa tanggung jawab sangat penting. Bukan hanya bagi perkembangan karier Anda, tetapi juga pribadi Anda. Ketika Anda mengambil tanggung jawab atas pekerjaan Anda itu akan menciptakan kesan positif dan keperacayaan dari atasan Anda.(Baca juga:Tips Menghadapi Atasan yang Gampang Marah?
7. Menjadi pemberi solusi 
Anda mungkin sudah membuktikan kemampuan Anda sejauh pekerjaan Anda yang bersangkutan untuk bos Anda. Namun tantangan sebenarnya adalah ketika Anda dapat menyelesaikan masalah dan memecahkan masalah yang muncul. Anda harus menjadi orang yang solutif dan kreatif untuk setiap masalah. Anda harus memiliki cara Anda sendiri dalam menghadapi masalah dan bukan lari dari masalah. Di sini atasan Anda akan melihat Anda bukan hanya sebagai karyawan tetapi sebagai pemecah masalah yang efektif dan efisien. (Magforwomen)