Find Us On Social Media :

4 Cara Membantu Teman yang Sedang Depresi

By Ade Sulaeman, Kamis, 27 Maret 2014 | 06:30 WIB

4 Cara Membantu Teman yang Sedang Depresi

Intisari-Online.com - Sikap teman dari hari ke hari semakin tidak wajar. Waktu tanya ada masalah apa tidak, dia kelihatan menyembunyikan sesuatu. Ada kemungkinan dia sedang depresi.

Berikut ini 4 cara membantu teman yang sedang depresi.

Ajak curhat

Keadaannya yang tidak wajar ini membuat khawatir. Sekalipun dia mencoba menyembunyikannya, sebaiknya dia diajak membicarakan ini. Tanya kenapa dia kelihatan tidak baik-baik saja selama ini.

Keberadaan orang lain waktu seseorang teman depresi betul-betul dibutuhkan. Meskipun tidak bisa membantu masalahnya, kita bisa sedikit membantu dengan mendengarkan masalahnya.(Baca juga: Benarkah Wanita Lebih Mudah Depresi?

Kata-kata manis

Waktu teman depresi, dia tidak butuh ceramah soal masalahnya dari kita. Dia cuma butuh merasa disayangi sama orang di sekitarnya. Duduk dan dengarkan semua ceritanya. Kalau kelihatannya dia mau menangis, biarkan dia menangis dan mengeluarkan semua emosinya.

Bicarakan kata-kata yang membuat dia merasa penting, kayak kita menyayangi dia, kita bakal menemani dia sampai masalahnya selesai atau bakal mencari jalan keluar biar dia merasa baikan.

Gestur hangat

Kadang kata-kata saja tidak cukup buat menenangkan seseorang. Kita perlu memberikan gestur tertentu biar dia merasa lebih baik. Waktu dia menangis, usap-usap punggungnya atau berikan bahu kita buat dia bersandar.

Kalau perlu, berikan pelukan biar dia merasa baikan. Gestur hangat kayak tadi bisa membuat dia merasakan kasih sayang kita dan tidak merasa sendirian.(Baca juga: Depresi Penyebab Terbesar Kedua Kecacatan di Dunia

Empati

Menemani dan mencoba membantu teman yang depresi adalah soal gimana kita mengerti masalahnya. Coba bayangkan kalau kita ada di posisi dia saat ini, apa yang bakal kita rasakan dan lakukan?

Kita perlu bersabar kalau teman kita tidak mau cerita lebih lanjut soal alasan depresinya ini. Waktu kita bersabar sama dia, itu berarti kita ngasih tau bakalan selalu ada di samping dia meskipun dalam waktu yang lama dia belum bisa cerita sama kita. (Lana/kawankumagz.com)