Find Us On Social Media :

Mengapa Harus Berpenampilan Baik Setiap Saat?

By Chatarina Komala, Minggu, 30 Maret 2014 | 12:00 WIB

Mengapa Harus Berpenampilan Baik Setiap Saat?

Intisari-Online.com -  Cara kita berpakaian dan membawa diri secara tidak langsung menggambarkan kepribadian kita. Sebelum kita berinteraksi dengan seseorang, atau sebelum seseorang menilai kita secara personal, penampilan adalah hal pertama yang orang lihat dari kita. Kita memilih untuk berpenampilan baik sepanjang waktu karena hal tersebut bisa memberikan kita kepercayaan diri dan membuat kita berasa lebih baik. Berikut adalah lima alasan mengapa kita harus berpenampilan baik setiap saat. (Baca juga: Ingin Naik Jabatan? Perhatikanlah Penampilan!

1. Menambah kepercayaan diri
Jika kita ingin orang lain memiliki kepercayaan pada kita, maka kita harus terlebih dahulu punya kepercayaan diri. Secara umum, kepercayaan diri datang ketika kita berpenampilan baik, berdandan dengan cara yang rapi, lalu membawa diri kita dengan baik.  
2. Membangun citraKita ingin terlihat menonjol dan dinilai memiliki citra dan kepribadian tersendiri. Kita memiliki "gaya" kita sendiri, dan ini merupakan cara bagaimana kita ingin membangun citra. Kita ingin "terlihat baik dan rapi", ini adalah gambaran yang ingin kita ciptakan bagi orang lain dan diri kita sendiri.   
3. Menambah faktor daya tarik
Kita semua berkeinginan untuk terlihat menarik dan ingin orang lain untuk tertarik terhadap kita. Seperti halnya, menginginkan daya tarik dari lawan jenis ketika kita masih lajang atau bahkan ketika kita sudah berkomitmen. Keinginan untuk menjadi menarik dan membuat banyak "kepala menoleh pada kita" adalah alasan mengapa kita ingin terlihat baik setiap saat.(Baca juga: Ini Dia Cara Berpenampilan Saat Wawancara Kerja
4. Penampilan bisa membangun atau bahkan merusak citra diriBerpenampilan baik setiap saat bukan berarti kita harus berpakaian "bagus" dari atas ke bawah. Jika sesekali kita berpenampilan bagus, namun di saat yang lain kita terlihat lusuh, maka ini dapat memengaruhi bagaimana orang lain memandang kita. Di sini, kita dituntut untuk selalu siap dengan berpenampilan baik. Kita tidak pernah tahu siapa yang akan kita temui atau siapa yang akan menilai kita.
 
5. Membantu untuk menemukan diri kita sendiri
Alasan kuat  mengapa kita terus bereksperimen dengan gaya kita, penampilan kita, atau melakukan beberapa perubahan adalah karena kita terus-menerus mencoba untuk menemukan diri kita sendiri. Kita ingin terlihat baik, jadi kita mencoba gaya baru dan menciptakan variasinya sesuai dengan gaya kita. (Magforwomen)