Find Us On Social Media :

94% Orang Pernah Alami OCD

By Muhammad Fauzan Aziz, Jumat, 11 April 2014 | 11:00 WIB

94% Orang Pernah Alami OCD

Intisari-Online OCD atau Obsessive Compulsive Disorder, ternyata pernah dirasakan oleh semua orang.(baca juga: 9 Tanda Anda Obsesif Kompulsif!)

Studi terbaru menunjukan, 94% orang di dunia pernah memikirkan hal yang tidak diinginkan, perasaan mengganggu, gambar dan dorongan-dorongan aneh.

Adam Radomsky yang melansir Journal of Obsessive-Compulsive and Related Disorder, mengatakan, gejala tersebut  merupakan gangguan obsesif-kompulsif yang tersebar luas.

Melalui sampel orang-orang dari enam benua, Radomsky menyimpulkan jika,

“studi ini menunjukan, perasaan tidak diinginkan, dan perasaan mengganggu, tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah buah pikiran manusia itu sendiri.” Ujarnya.

“Maka dari itu, diperlukan intervensi kognitif dan perilaku, untuk membatu seseorang sembuh dari OCD.”

Karena itu, terapis bisa berfokus untuk mengaplikasikan pengobatan efektif di semua tempat.

“Menjadikan pikiran-pikiran itu sebagai hal biasa, sangat membantu kita untuk meyakinkan pasien, yang berpikir mereka berbeda dengan orang lain.” Ujar Radomsky.

Orang yang memiliki pikiran untuk bunuh diri, mungkin akan menganggap pikiran itu aneh atau bodoh. Tetapi penderita gangguan obsesif-kompulsif sering mengalami hal serupa, dan itu sangat mengganggu mereka.

Bagi para peneliti, mengembangkan pengobatan efektif melalui bukti-bukti kesehatan mental, akibat pikiran-pikiran mengganggu dapat membuka jalur terapi kognitif dan perilaku.(baca juga: Jatuh Cinta Bikin Otak Alami 'Sedikit OCD'

“Kita itu lebih sama, daripada berbeda, orang dengan gangguan OCD, ternyata tidak ubahnya dengan orang-orang lainnya.” Kata Radomsky. (sciencedaily.com)