Find Us On Social Media :

Tips Mengatasi Ketakutan Mendapat Kritik

By Ade Sulaeman, Sabtu, 12 April 2014 | 09:00 WIB

Tips Mengatasi Ketakutan Mendapat Kritik

Intisari-Online.com - Jika Anda menderita lantaran memiliki masalah kesehatan, bisa jadi penyebabnya adalah stres yang disebabkan oleh adanya rasa khawatir terhadap beberapa hal. Akar dari kekhawatiran itu kebanyakan diakibatkan oleh dua hal ini: takut kehilangan apa yang Anda punya, dan takut mendapat kritikan dari seseorang.

Dua hal tadi, terbukti bisa meneror kehidupan pribadi Anda, membuat karier Anda mentok, bahkan membuat hubungan baik Anda dengan banyak pihak jadi rusak. Nah, agar kehidupan pribadi dan masalah kesehatan Anda tidak terganggu, sudah barang tentu Anda harus melawan rasa khawatir berlebih terhadap dua hal tadi.(Baca juga: Jangan Sampai Kritik Menghentikan

Saran yang diberikan Nancy Anderson, seorang konsultan karier yang juga penulis sejumlah buku soal karier seperti  Work with Passion  dan Reach Your Full Potential and Make the Money You Need , yang bisa Anda lakukan yakni:

Pertama, Anda harus bisa menyadari terlebih dahulu apa yang membuat Anda khawatir dan mengapa. Kedua, Anda bisa mengambil sikap yang bisa sekaligus melawan semua rasa khawatir tadi agar bisa menjalani hidup dengan lebih tenang dan tentu saja sehat jasmani dan rohani.

Nah, ketakutan terhadap kehilangan apa yang Anda miliki ataupun ketakutan mendapat kritikan sebenarnya bukan hal besar bila Anda bisa melampaui segala risiko dalam hidup Anda. Jadi, janganlah membiarkan rasa ketakutan atau kekhawatiran berlebihan terhadap dua hal tadi merasuki diri Anda.

Sementara itu, jika Anda memilih fokus terhadap apa yang dikerjakan demi kebahagiaan Anda saat ini, percayalah apa yang ada di masa depan akan mengejutkan Anda sendiri. (Intan Y. Septiani/tabloidnova.com)