Find Us On Social Media :

Benarkah Siswa Populer Tukang Bullying?

By Chatarina Komala, Jumat, 11 April 2014 | 08:30 WIB

Benarkah Siswa Populer Tukang Bullying?

Intisari-Online.com - Semakin populer siswa di sekolahnya, maka peluang dia untuk menjadi tukang bullying teman lain semakin besar. Sikap itu dilakukan untuk mencapai puncak status sosial tertentu.(Baca juga: Lima Tanda Anak Anda Tukang Bullying

Dikutip dari Live Science, Bob Faris, seorang sosiolog dari Universitas California-Davis mengungkap, dalam lingkungan sekolah, perilaku kejam siswa hingga menjadi tukang bullying siswa lain banyak berakar dari kompetisi untuk mendapatkan status tertentu. 

Temuan tersebut dimuat dalam American Sociological Review. Studi mengenai kecenderungan perilaku kejam siswa populer ini dilakukan kepada 4.000 siswa di California Utara, AS.

Hasil lain mengungkap, bullying yang dilakukan ternyata berdampak panjang terhadap kesehatan mental siswa yang menjadi korban sasaran. Bahkan, anak-anak yang di-bully juga rentan terhadap risiko bunuh diri.  (Baca juga: Anak-Anak yang Dibully Memiliki Risiko Bunuh diri

Sasaran umum tukang bullying sendiri adalah siswa yang cenderung pendiam dan penyendiri. Dikatakan, bullying juga biasa terjadi atas dasar stereotip atau prasangka kepada orang-orang yang dianggap berbeda dengan norma sosial yang ada. (Kompas)