Find Us On Social Media :

Memelihara Anjing Bisa Bikin Sehat? Ini Alasannya!

By Chatarina Komala, Rabu, 16 April 2014 | 16:00 WIB

Memelihara Anjing Bisa Bikin Sehat? Ini Alasannya!

Intisari-Online.com - Anda menyukai anjing? Pernah berpikir untuk memiliki anjing sebagai hewan peliharaan? Punya cukup waktu dan energi untuk merawatnya? Jika ya, tunggu apalagi? Dalam beberapa hal, anjing adalah hewan peliharaan yang sangat baik.Kita tahu, memiliki seekor atau lebih anjing sebagai hewan peliharaan mampu mampu mengusir kesepian. Keaktifan mereka dapat membuat kita merasa lebih "ringan", bahkan kesetiaan mereka dapat secara tidak langsung membuat kita bahagia. Namun, tak hanya itu, anjing juga bermanfaat bagi kesehatan. Seekor anjing sangat sensitif terhadap kondisi fisik dan mental kita. Mereka mampu terhubung, dan merasakan bagaimana perasaan kita, lalu melakukan hal-hal untuk mengangkat suasana hati kita. Berikut ini lima alasan mengapa memelihara seekor anjing mampu membuat kita tetap sehat(Baca juga:  Belajar dari Kesetiaan Anjing)

1. Anjing dapat menjaga kesehatan jantung kita  Cinta tak bersyarat dan kesetiaan begitu kuat yang didapat dari anjing bukan hanya meningkatkan harga diri, tetapi juga menjaga kesehatan jantung agar tetap kuat. Sebuah penelitian menunjukkan, pemilik anjing memiliki masalah yang signifikan lebih rendah dengan penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan banyak penyakit terkait dengan kesehatan jantung.Selain itu, serangan jantung juga sangat langka terjadi pada pemilik anjing. Kalaupun mereka memiliki riwayat penyakit jantung, kemungkinan bertahan hidup mereka lebih besar daripada mereka yang tidak memiliki anjing.  
2. Anjing memotivasi kita untuk berolahraga 
Selain menjaga kesehatan jantung, memelihara seekor anjing atau lebih juga memastikan kita berolahraga setiap hari.Ketika sendirian, kita lebih mungkin unutk mangkir dari olahraga rutin atau melewatkan gym. Anjing membutuhkan aktivitas, seperti berjalan-jalan, dan ini mengharuskan kita untuk membawanya keluar setiap hari. 3. Anjing meningkatkan sistem kekebalan tubuhKeluarga yang memiliki anjing peliharaan lebih sehat daripada yang tidak. Anggota keluarga, terutama anak-anak yang akrab dengan anjing peliharaan di usia dini, lebih tahan alergi, infeksi dan asma. Ketika kita hidup dengan anjing dalam jangka waktu lama, kita akan terpapar alergen dan kotoran sebagai bagian dari memiliki seekor anjing, yang pada akhirnya memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih tahan terhadap penyakit menular. (Baca juga:  Anjing Lindungi Bayi dari Asma dan Alergi)4. Anjing menjaga mood positif Anjing selalu dapat menjaga kita agar berada dalam suasana hati yang positif dan bahagia. Kita tahu, ada begitu banyak terapi anjing yang digunakan sebagai teknik medis untuk mengobati pasien dengan kondisi tertentu.Memelihara seekor anjing atau lebih dapat menurunkan tingkat kecemasan dan depresi, sekaligus meningkatkan energi. 
5. Anjing membantu kita untuk menjadi orang yang 'lebih sosial' Sebagai teman terbaik manusia, anjing tidak egois. Selain melakukan banyak hal untuk kita, anjing juga membantu kita keluar dunia dan bersosialisasi, bertemu orang lain dan menjalin hubungan baru.Kita dapat bergabung dengan klub anjing, atau pergi ke acara anjing lokal di mana kita akan bertemu pemilik anjing lainnya untuk bersosialisasi. Ketika kita berjalan dengan anjing, pada dasarnya kita juga keluar untuk bertemu dengan tetangga dan orang-orang menarik lainnya di sekitar kita. (Magforwomen)