Find Us On Social Media :

Ini Saat yang Tepat Diskusi Seks dengan Anak

By Birgitta Ajeng, Senin, 21 April 2014 | 12:00 WIB

Ini Saat yang Tepat Diskusi Seks dengan Anak

Intisari-Online.com - Menjelaskan seks kepada anak tidaklah semudah menjelaskan perbedaan alat kelamin anak perempuan dan laki-laki. Topik ini bisa jadi sangat “berat” jika Anda membicarakannya pada waktu dan cara yang tidak tepat.

Jadi, yuk, jadikan diskusi seks dengan anak sebagai rutinitas harian. Percaya deh, semakin sering anak mendapat penjelasan seks, terlebih dalam suasana yang nyaman, anak jadi lebih mudah mengerti. Kira-kira kapan dan di mana, ya, enaknya bicara seks dengan anak. Ini saat yang tepat diskusi seks dengan anak.

Diskusi selama perjalanan

Diskusi seks dengan anak selama perjalanan di dalam mobil bisa jadi sangat menyenangkan, lo, karena sedikitnya gangguan. Mengingat, di dalam mobil hanya ada Anda dan anak.

Ajak anak jalan-jalan di luar

Ajak anak berjalan-jalan di sekitar rumah dan gunakan waktu ini untuk ngobrol ringan seputar seks dengannya.

(Baca juga: Jangan Risih Bicara Seks Pada Anak)

Diskusi saat berangkat dan pulang sekolah

Dalam perjalanan ke sekolah, setelah menanyakan soal pelajaran, tanyakan apakah ada teman yang suka mengganggunya atau anak yang suka mengganggu anak-anak lainnya. Jika anak bercerita kalau di kelas guru mengajarkan tentang relasi antar sesama dan  keselamatan pribadi, tanyakan padanya apa hal positif yang ia pelajari mengenai hal itu.

Ini adalah kesempatan yang baik untuk mengukur pemahaman anak, dan memberi Anda titik awal untuk membuka percakapan yang lebih rinci tentang seks. Selain itu, bagaimana mereka menyelamatkan diri dari pelecehan seksual.

Diskusi menjelang tidur

Ketika Anda membantu anak mengenakan piyamanya saat ia bersiap untuk tidur, katakan kepadanya bahwa orang lain tidak boleh sembarang “menyentuh” mereka berikut alasannya.