Find Us On Social Media :

Tips Agar Anak Mau Jujur dan Terbuka

By Ade Sulaeman, Rabu, 23 April 2014 | 09:30 WIB

Tips Agar Anak Mau Jujur dan Terbuka

Intisari-Online.com - Jika Anda ingin tahu bagaimana pendapat atau perasaan anak mengenai hal-hal yang sensitif, seperti seks dan lainnya, ubah gaya bertanya Anda. Berikut ini tips agar anak mau jujur dan terbuka terhadap Anda:

Bahasa anak

* Gunakan kata-kata dan frasa yang anak mengerti.

* Berikan jawaban langsung ke pertanyaan rumit.

* Ketika anak bertanya hal-hal yang menurut Anda canggung, jangan menghindar. Jawablah sebaik mungkin dengan cara yang tepat tanpa mengurangi makna.(Baca juga: Tips Pendidikan Seks Bagi Anak

Bicara terbuka dan jujur

Jika Anda ingin membuat anak terbuka dan jujur, Anda pun harus demikian. Semakin Anda terbuka dan santai, semakin anak merasa mampu berbicara tentang apa pun yang mengkhawatirkan mereka.

Minta anak menceritakan pikirannya

Mengetahui apa yang di pikiran anak sangatlah penting. Dengan demikian Anda bisa tahu apakah apakah yang ada di benaknya mengenai suatu hal benar atau salah. Dengan mengetahui pikirannya, Anda bisa membantu anak memahami daerah “abu-abu” untuk mendorong mereka mengekspresikan pendapat dan mengembangkan penilaian mereka akan sesuatu hal.(Baca juga: Ayo Kenali Alasan Anak Berbohong

Aktif mendengarkan

Saat ia berkata-kata atau bicara, tunjukkan kalau Anda sangat tertarik dengan apa yang dikatakannya. Buatlah ekspresi mengangguk, tersenyum, dan ajukan pertanyaan yang menunjukkan Anda tertarik.

Dengan begitu anak merasa berarti, dan di waktu selanjutnya anak akan mau jujur dan terbuka sehingga akan merasa nyaman datang kepada Anda jika ada sesuatu yang benar-benar mengganggu mereka. (Ester Manulang/tabloidnova.com)