Find Us On Social Media :

Empat Langkah Berkomunikasi Secara Efektif dengan Pasangan

By Birgitta Ajeng, Minggu, 27 April 2014 | 09:00 WIB

Empat Langkah Berkomunikasi Secara Efektif dengan Pasangan

Intisari-Online.com - Jika ingin memiliki hubungan harmonis dengan pasangan, seseorang perlu berkomunikasi secara terbuka. Ini sangat ampuh untuk menyelesaikan masalah dan memperkuat hubungan. Berikut beberapa tips berkomunikasi secara efektif dengan pasangan.

1. Mendengarkan satu sama lain

Saat berbicara dengan pasangan, Anda perlu mendengarkannya dengan sungguh-sungguh. Mendengar bukan sekadar mengangguk dan tersenyum ketika pasangan sedang bicara. Tapi lakukan kontak mata dan beri perhatian penuh. Anda tidak akan dapat berkonsentrasi pada ucapan pasangan bila Anda sibuk melihat ponsel dan mengecek email.

2. Luangkan waktu untuk ngobrol

Pekerjaan yang menumpuk memang sangat menyita waktu dan perhatian. Sehingga sangat mungkin Anda tidak punya waktu untuk duduk berdua dan ngobrol dengan pasangan. Agar hubungan tetap harmonis, pergilah ke café atau rumah makan dekat kantor dengan pasangan untuk makan malam bersama sekaligus ngobrol. Bicarakan apa saja dengannya mulai dari hal paling remeh, sampai masalah paling rumit.

3. Ajukan pertanyaan

Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang berlangsung dua arah. Setelah pasangan selesai bicara, ajukanlah pertanyaan. Dengan demikian, Anda bisa lebih memahami apa yang sedang disampaikan oleh pasangan, sekaligus memahami apa yaang sedang dirasakan pasangan.

4. Jangan merasa Anda paling tahu segalanya

Berbicara dengan orang yang merasa paling benar dan merasa paling tahu segalanya tentu menyebalkan. Anda boleh saja mengajukan gagasan atau memberi nasihat. Namun, upayakan untuk mengajukan pertanyaan terlebih dulu setelah pasangan bicara, tanpa mengambil alih percakapan dengan pendapat diri sendiri. (SheKnows)