Find Us On Social Media :

7 Cara Menangani Serangan Panik

By Birgitta Ajeng, Selasa, 10 Juni 2014 | 18:30 WIB

7 Cara Menangani Serangan Panik

Intisari-Online.com - Serangan panik memang bisa datang kapan saja, terutama ketika kita sedang menghadapi masalah yang cukup berat dan terus-menerus cemas karenanya. Oleh karena itu kita perlu memahami teknik untuk mengatasinya. Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Alternative Therapies in Health and Medicine, menguraikan cara menangani serangan panik.

1. Terima serangan ini

"Banyak orang mengira serangan panik akan berhenti dengan mengarakah pikiran, tetapi kenyataannya tidak," kata Dave Carbonell, terapis kecemasan dari Chicago, AS. Meski begitu, serangan panik kerap kali berlalu dengan sendirinya.

Yang perlu kita pahami adalah mengenali gejala-gejalanya dan menerimanya. Jangan menyangkal tetapi terimalah Anda memiliki serangan panik.

(Baca juga: Ini Pelajaran Cinta dari Pangeran William dan Kate Middleton (1))

2. Buat catatan

Jika Anda tahu sering mengalami serangan panik, cobalah untuk menuliskannya dalam sebuah catatan. Tuliskan apa saja gejalanya dan kapan serangan ini muncul. Membuat catatan secara rinci akan menghindarkan kita dari membayangkan yang tidak-tidak.

3. Tarik napas

Merasakan napas sesak dan pendek-pendek adalah gejala utama serangan panik. Tetapi gejala ini bisa bertambah buruk jika kita justru mengambil napas pendek. Cobalah untuk menarik napas perut. Saat serangan itu datang, tarik napas dalam, lemaskan pundak dan fokus pada tarikan napas yang dalam dan keluarkan melalui perut. Letakkan tangan di perut untuk merasakannya.

4. Rileks

Mungkin terasa mudah mengucapkan kata rileks, tetapi saat serangan panik datang beberapa bagian tubuh justru terasa kaku. Tarik napas dalam dan perlahan sambil menyentuh bagian tubuh yang Anda tahu pasti akan langsung merespon, misalnya pundak.

5. Bicara pada diri sendiri