Find Us On Social Media :

Agar Anak Siap Bergaul Saat Masuk PAUD (2)

By Birgitta Ajeng, Minggu, 15 Juni 2014 | 07:00 WIB

Agar Anak Siap Bergaul Saat Masuk PAUD (2)

Intisari-Online.com - Sebelum ikut Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), anak perlu mengembangkan keterampilan bergaul dengan teman sebayanya. Tentu orangtua perlu membantu anak dalam berinteraksi secara positif dengan temannya agar anak siap bergaul saat masuk PAUD. Namun tak perlu banyak intervensi. Biarkan pergaulan anak berjalan apa adanya.

(Baca juga: Pertanyaan-pertanyaan Pembangkit Kreativitas Anak)

Sebelum anak mampu berinteraksi dengan orang lain, dia juga harus mampu hidup damai dengan dirinya sendiri terlebih dahulu. Mayke S. Tedjasaputra, M. Si., psikolog dan playtheraphist di Fakultas Psikologi Ul mengatakan, seorang anak akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain apabila dia nyaman dengan dirinya sendiri. Agar anak hidup damai dengan dirinya sendiri, orangtua perlu menghargai segala kelebihan dan kekurangannya.

Orangtua perlu memberikan apresiasi pada si anak atas usaha yang dia lakukan, tanpa terlalu menilai hasilnya. Dengan mengatakan antara lain, “Kamu sudah bisa menuang air sendiri” ketika dia berusaha untuk menuang air sendiri ke dalam gelasnya. Pujian seperti ini akan membuat si anak merasa dirinya berharga. Namun, pujian hendaknya diberikan sesekali dan jangan berlebihan. Jangan terlampau sering mengatakan dia anak hebat, pemberani dan seterusnya.

Jika ada air yang tumpah, tidak usah dimarahi. Tapi, berikan solusi untuk mengeringkan air yang tumpah sambil mengatakan bahwa Anda senang dia sudah bisa menuang air. Dengan cara demikian anak tidak merasa dirinya salah dan mau mencoba lagi untuk menuang air sampai lebih terampil. Begitu pula saat dia berhasil menyusun empat kepingan gambar menjadi satu bentuk utuh, nyatakan bahwa sekarang dia sudah berhasil menyusunnya dan Anda merasa senang melihatnya.

Nah, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, kecerdasan interpersonal berkaitan dengan kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan interpersonal dapat dipupuk dengan memberikan kesempatan pada anak untuk berhubungan dengan orang lain di luar rumah, dari berbagai usia dan terutama dengan teman sebayanya.

(Baca juga: Mendidik Anak Agar Tumbuh Kreatif Sejak Dini (1))

Pada usia sekitar enam bulan biasanya bayi sudah mulai menunjukkan ketertarikan terhadap anak lain. Kadang-kadang dia berusaha menyentuh anak lain, walaupun belum bisa bermain bersama sama.Usia sekitar 18 bulan sampai 2 tahun mereka bermain dan berkumpul bersama anak lain, meniru apa yang dimainkan anak lain. Pada usia sekitar 3 atau 4 tahun anak-anak ini mulai bermain bersama-sama, terkadang saling berebut, memukul.

---

Tulisan ini ditulis di Majalah Intisari Extra Mei 2014 dengan judul asli Agar Anak Siap Bergaul Saat Masuk PAUD.