Find Us On Social Media :

11 Tips Menjadi Lebih Bahagia (1)

By Birgitta Ajeng, Selasa, 17 Juni 2014 | 12:30 WIB

11 Tips Menjadi Lebih Bahagia (1)

Intisari-Online.com - Ingin lebih bahagia menjalani hidup? Semua harus dimulai dari diri sendiri. Menurut Daylle Deanna Schwartz, seorang ahli motivasi, semakin kita menghargai diri sendiri, semakin kita membangun kepercayaan diri. Bahkan, fakta menunjukkan mereka yang melakukan hal baik terhadap dirinya setiap hari mendapatkan tingkat kebahagiaan lebih tinggi. Berikut ini beberapa tips menjadi lebih bahagia.

(Baca juga: 6 Alasan Manusia Butuh Berpelukan Setiap Hari)

1. Berkomitmen melakukan satu hal baik untuk diri sendiri setiap hari

Belajarlah untuk berkomitmen pada diri sendiri untuk menciptakan satu kebaikan untuk Anda sendiri setiap hari, tak peduli hal itu kecil atau besar. Menjaga komitemen itu akan membawa banyak manfaat dan memotivasi untuk merawat diri, meraih mimpi dan tidak membiarkan orang lain memperlakukanmu dengan buruk.

2. Mendengar diri sendiri

Seringlah mendengarkan bagaimana cara Anda berbicara, termasuk bagaimana Anda mengelola intonasi suara yang biasa Anda gunakan. Semua itu akan membangun kepercayaan diri Anda setelah Anda mengenal karakter sendiri.

3. Maafkan diri Anda

Memaafkan adalah proses terbesar dari semua ini. Memang susah, karena kebanyakan dari kita pasti pernah berada di satu titik di mana kita marah pada diri sendiri atas banyak hal buruk yang terjadi dalam hidup. Tapi mencintai diri sendiri berarti Anda harus keluar dari rasa bersalah itu, dari ketidaksempurnaan itu. Sesekali lihatlah ke cermin dan katakan dengan tulus pada diri Anda, “Aku mencintaimu dan aku memaafkanmu.”

4. Terima diri seperti apa adanya saat ini

Salah satunya adalah menerima bentuk tubuh Anda saat ini. Anda harus mencintai tubuhmu sendiri. Yang lain, Anda harus mencintai gaji, pendapatan dan level sukses yang Anda miliki sekarang. Jangan dengarkan cemooh orang lain tentang posisi Anda saat ini. Sebaliknya, bertanyalah apakah Anda cukup bahagia? Apakah ada jaminan dengan penghasilan lebih besar, Anda akan menjadi lebih bahagia?

(Baca juga: 5 Cara Mengatasi Depresi)

5. Eliminasi “racun” di sekitarmu