Find Us On Social Media :

Anak Kecanduan Internet (3)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 26 Juni 2014 | 17:00 WIB

Anak Kecanduan Internet (3)

Intisari-Online.com - Kalau interaksi anak mulai sering beralih ke layar monitor atau telepon pintar di genggamannya, atau bahkan, anak kecanduan internet, kunci terpenting supaya anak terhindar dari paparan informasi yang terlalu besar adalah fungsi kontrol orangtua.

Orangtua berperan menjadi pembendung informasi, menilai baik dan buruk yang sesuai norma. “Orangtua bertanggung jawab atas apa yang masuk ke anak-anak: masuk ke mulut, mata, telinga, otak, bahkan hati. Itu fungsi kontrol,” tegas Ratih.

(Baca juga: Anak Tak Naik Kelas Gara-gara Merasa Tertekan oleh Ambisi Orangtua)

Dengan demikian, sudah seharusnya orangtua mengatur jatah pemakaian gadget, dan apa yang diakses. “Anak juga perlu ditemani, sampai kira-kira umur 18, ketika anak sudah dianggap mampu menilai baik dan buruk,” lanjut Ratih.

Tanpa fungsi kontrol yang dijalankan orangtua, batasan-batasan yang belum dimiliki seorang anak akan jebol terhantam gelombang informasi yang tidak terkontrol dan terpilah. Akibatnya, ya seperti kasus di atas, penyimpangan-penyimpangan perilaku anak.

Banyak orangtua yang merasa tidak sempat mengontrol anak sedemikian intensifnya, sehingga melalaikan kewajiban tersebut. Menurut Ratih, hal itu tidak beralasan. “Orangtua yang bilang tidak sempat itu adalah alasan yang dibuat pada saat orangtua melakukan kelalaian,” ujar Ratih.

Seharusnya, anak menjadi prioritas, sesibuk apa pun orangtua bekerja. “Orangtua kan juga diberi akal sehat untuk mengelola hidup, mengatur waktu. Lagi pula, anak-anak lahir juga bukan maunya si anak kan? Itu kemauan orangtua. Maka, bertanggungjawablah terhadap anak Anda!” kata Ratih.

(Baca juga: Ini Upaya Membuat Anak Senang Belajar)

Sekali lagi diingatkan, Kalau interaksi anak mulai sering beralih ke layar monitor atau telepon pintar di genggamannya, atau bahkan, anak kecanduan internet, kunci terpenting supaya anak terhindar dari paparan informasi yang terlalu besar adalah fungsi kontrol orangtua.

-selesai-

---

Tulisan ini ditulis oleh JB Satrio Nugroho, dimuat di Majalah Intisari edisi Januari 2014 dengan judul asli Teknologi Informasi Bikin Anak Cepat Gede.