Find Us On Social Media :

Tips Berbicara dengan Anak

By Ade Sulaeman, Kamis, 3 Juli 2014 | 19:15 WIB

Tips Berbicara dengan Anak

Intisari-Online.com - Berbicara dengan anak sekilas merupakan hal yang mudah. Padahal, jika Anda salah bicara dengan anak, bisa jadi Anda kehilangan kewibawaan dan kepercayaan Anak. Untuk itu, berikut ini tips berbicara dengan anak.

* Hal pertama yang perlu Anda pastikan saat berbicara dengan anak adalah memastikan mereka benar-benar memperhatikan Anda. Jangan sampai hanya menatap Anda namun pikirannya “jalan-jalan”. Mintalah dia untuk memperhatikan Anda. Bisa juga dengan duduk saling berhadapan.(Baca juga: Tips Berkomunikasi dengan Anak

* Jangan berbicara terlalu lama. Usahakan pembicaraan yang singkat dan padat. Ini berguna agar anak tidak bingung atau bahkan merasa bosan.

* Tips berbicara dengan anak berikutnya adalah usahakan solusi atas suatu masalah yang dibicarakan berupa pilihan. Hal ini agar anak merasa terlibat, bukan sekadar dipaksa untuk menuruti kehendak Anda.

* Berikan alasan yang masuk akal untuk setiap aturan yang Anda buat, terutama tentang manfaat untuk sang anak. Hal ini berguna agar anak tidak merasa aturan yang Anda buat hanya menguntungkan Anda dan merugikan dirinya.

* Janji, apalagi ancaman, perlu mendapat perhatian agar benar-benar terlaksana. Anda bisa saja kehilangan kepercayaan dari anak apabila janji atau ancaman yang Anda berikan ternyata dilanggar atau tidak Anda laksanakan.(Baca juga: Jangan Risih Bebicara Seks dengan Anak

* Tips berbicara dengan anak yang terakhir adalah Anda harus memastikan anak mengerti semua yang telah Anda dan dia bicarakan. Konfirmasi atau mungkin minta anak mengulang apa yang telah dibicarakan, apalagi disepakati.

* Jika Anda memiliki rencana mengubah peraturan yang telah dibuat atau disepakati, pastikan anak mengetahuinya sebelum anak terlanjur melanggar sementara mereka belum mengetahuinya. (tabloidnova.com)