Find Us On Social Media :

Lima Alasan Teman Membuat Anda Lebih Bahagia dan Sehat

By Chatarina Komala, Minggu, 13 Juli 2014 | 19:30 WIB

Lima Alasan Teman Membuat Anda Lebih Bahagia dan Sehat

Intisari-Online.com - Apa jadinya Anda tanpa seorang teman? Sebuah pertanyaan klise ini perlu Anda renungi. Pada dasarnya, seorang teman adalah perluasan dari keluarga (terkadang justru menjadi keluarga yang sebenarnya). Bahkan, secara ilmiah, hubungan persahabatan dianggap menguntungkan seseorang dalam hal fisik dan emosional. Bila Anda tidak percaya, berikut adalah lima alasan teman membuat Anda lebih bahagia dan sehat.(Baca juga: Ya, Teman Bisa Membuat Kita Sehat)1. Teman membuat Anda tenangPernah merasa ada beban berat di pundak Anda? Seorang teman, bisa membantu Anda keluar dari perasaan itu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 mengungkap, menghabiskan waktu dengan teman-teman Anda dapat membantu mengurangi stres.  2. Teman meningkatkan rasa memilikiMemiliki rasa terhubung dengan orang lain tidak hanya membuat Anda lebih welas asih, tetapi juga membuat Anda memiliki rasa memiliki. Karyn Hall, Ph.D., direktur dari Dialectical Behavior Therapy Center di Houston, Texas mengungkap, teman juga mampu menjadi pintu gerbang yang memampukan Anda merasa menjadi bagian dari sesuatu yang lebih besar. "Rasa saling memiliki dalam komunitas yang lebih besar meningkatkan motivasi, kesehatan, dan kebahagiaan Anda," tulisnya dalam sebuah blog Psychology Today baru-baru ini. "Bila Anda melihat hubungan Anda dengan orang lain, Anda tahu bahwa semua orang sama-sama berjuang dan punya masa-masa sulit. Ini membuat Anda merasa nyaman untuk tahu bahwa Anda tak sendirian," tambahnya.

3. Teman membantu dalam memerangi masalah kesehatanMemiliki seorang teman yang berdiri di samping Anda dapat membantu Anda memandang sebuah tantangan besar, tampak lebih kecil. Masalah kesehatan, tak terkecuali. Penelitian telah menunjukkan, dukungan sosial yang kuat punya efek positif bagi mereka yang berjuang melawan penyakit, mengurangi risiko demensia, bahkan depresi. 
 4. Teman meningkatkan mood Anda
Selain menekan stres Anda, hubungan sosial memiliki pengaruh positif pada suasana hati Anda secara keseluruhan. Para peneliti telah menemukan, membuat teman baru dapat mengangkat semangat Anda melalui pelepasan hormon oksitosin dalam tubuh.(Baca juga: Anak Pun Butuh Sahabat)5. Teman membantu Anda awet mudaTeman-teman Anda mungkin memiliki dampak langsung pada kehidupan Anda sekarang. Namun, sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan, teman yang Anda miliki sekarang juga dapat membantu Anda di kemudian hari. Dikelilingi teman yang positif dapat membantu Anda berhenti merokok, menjalani pola makan yang lebih baik, dan menghindari kesepian di kemudian hari. (Huffingtonpost)