Find Us On Social Media :

Mengenal Aneka Gangguan Bicara pada Anak

By Moh Habib Asyhad, Sabtu, 26 Juli 2014 | 12:00 WIB

Mengenal Aneka Gangguan Bicara pada Anak

Intisari-Online.com - Gangguan bicara pada anak tidak hanya meliputi keterlambatan bicara saja. Lebih dari, ada beberapa gangguan bicara yang kadang tidak disadari oleh orangtua sedari dini.(Baca: Penyebab Anak Terlambat Bicara

Suttering atau Gagap

Gagap merupakan pengulangan dan memperpanjang penyebutan silabel tertentu yang mengganggu komunikasi. Faktor yang menyebabkan adalah faktor genetis dan lingkungan.

Sebagian besar, gagap disebabkan faktor genetis alis menurun dari orangtua. Angkanya mencapai 71 persen. Sementar sisanya, gagap disebabkan oleh lingkungan. Lingkungan seperti apa? Lingkungan yang menganggap bahwa gagap merupakan sesuatu yang lucu dan menyenangkan.

Ketika anak-anak melihat orang lain menertawakan kegagapannya, mereka merasa bahwa gagap merupakan hal yang dapat membuat orang lain tertawa sehingga anak mengondisikan dirinya gagap. Sebaliknya, ketika anak menemukan lingkungan yang tidak merespon kegagapannya, ia akan menghentikan kegagapannya tersebut. Lantas akan menghilangkan gagap itu perlahan-lahan.

Gangguan perkembangan artikulasi atau phonological disorder

Phonological disorder adalah masalah perkembangan bahasa yang meliputi artikulasi atau produksi suara. Anak dengan gangguan ini mempunyai kesulitan dalam mengatur rate of speech atau terhambat dalam mempelajari artikulasi dari suara-suara tertentu.(Baca: Jangan Risih Bicara Seks pada Anak

Beberapa suara yang sering disalahartikan adalah i,r,s,z,th, dan ch. Phonological disorder seringkali terjadi pada anak usia prasekolah. Namun seiring bertambahnya usia, seseorang akan mampu mengatasi salah satu gangguan bicara pada anak ini. (Kompas.com)