Find Us On Social Media :

11 Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Terhadap Adik Barunya (1)

By Birgitta Ajeng, Minggu, 27 Juli 2014 | 19:00 WIB

11 Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Terhadap Adik Barunya (1)

Intisari-Online.com - Pada umumnya, anak pertama bereaksi sangat keras terhadap kedatangan bayi. Mungkin ia merasa bahagia untuk sementara waktu. Namun segera setelah tahu bahwa bayi tersebut merebut semua perhatian, barulah anak pertama cemburu terhadap adik barunya.

(Baca juga: Mendengarkan Anak Secara Aktif Menghangatkan Hubungan Orangtua dan Anak)

Sangat penting untuk memahami bahwa masalah persaingan akan dirasakan oleh sang kakak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi cemburu pada sang kakak seperti yang ditulis oleh Vicki Lansky di dalam buku Tip Praktis Mengasuh Anak.

1. Simpanlah beberapa hadiah untuk anak Anda saat pengunjung membawa hadiah hanya untuk bayi Anda, atau berikan ketika anak membantu Anda dan adik bayinya.

2. Jadwalkan waktu khusus untuk kebersamaan Anda dan anak Anda setiap harinya.

3. Tunjukkan sewaktu-waktu padanya bahwa Anda terganggu juga oleh tangisan bayi, tetapi jangan terlalu sering agar anak Anda tidak mendapatkan kesan bahwa si bayi adalah pengganggu. Tunjukkan sukacita Anda juga.

(Baca juga: Mendidik Anak Agar Berjiwa Besar Menerima Kekalahan)

4. Letakkan bangku di dekat meja ganti agar anak dapat melihat Anda mengganti popok atau baju sang bayi.

5. Taruhlah foto anak Anda di dekat boks bayi, agar anak melihat bahwa ia juga penting untuk si bayi.

6. Buatlah keranjang khusus untuk mainan anak yang hanya dikeluarkan saat Anda memberi makan si bayi. Atau, tontonlah televisi bersama dengan anak sementara Anda memberi makan si bayi.

-bersambung-