Find Us On Social Media :

11 Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Terhadap Adik Barunya (2)

By Birgitta Ajeng, Minggu, 27 Juli 2014 | 19:30 WIB

11 Cara Mengatasi Anak Pertama yang Cemburu Terhadap Adik Barunya (2)

Intisari-Online.com - Pada umumnya, anak pertama bereaksi sangat keras terhadap kedatangan bayi. Mungkin ia merasa bahagia untuk sementara waktu. Namun segera setelah tahu bahwa bayi tersebut merebut semua perhatian, barulah anak pertama cemburu terhadap adik barunya.

Sangat penting untuk memahami bahwa masalah persaingan akan dirasakan oleh sang kakak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi cemburu pada sang kakak seperti yang ditulis oleh Vicki Lansky di dalam buku Tip Praktis Mengasuh Anak.

(Baca juga: Ini Cara Menghadapi Anak yang Suka Memberontak)

1. Biarkan anak membantu Anda dan si bayi sesering mungkin dengan mengambilkan barang untuk Anda, menyanyi, berbicara, atau menghibur si bayi.

2. Aturlah kasur bayi serendah mungkin sehingga anak tidak tergoda untuk mengangkat sang bayi.

3. Tundalah tamu-tamu yang ingin melihat si bayi, agar untuk sesaat sang kakak lah yang jadi pusat perhatian. Tunjukkan foto-foto anak Anda, juga bayi Anda. Biarkan anak membantu Anda memamerkan sang bayi.

4. Anda harus mengantisipasi beberapa kemunduran pada anak Anda; cobalah untuk tidak terlalu memperhatikan hal ini. Misalnya, anak mungkin saja tiba-tiba ingin makan menggunakan piring makan bayi.

(Baca juga: Mendeteksi Gejala Austisme Sedini Mungkin)

5. Pujilah anak Anda untuk semua perilaku posifitnya seperti sabar menunggu, berbagi mainan, atau menolong Anda dan si bayi. Atau, berilah anak kelebihan baru seperti menaikkan uang saku, melakukan hal-hal istimewa dengan orangtua, dan sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi anak pertama cemburu terhadap adik barunya. Semoga bermanfaat.

-selesai-