Find Us On Social Media :

Lima Tanda Pernikahan Tak Lagi Sehat

By Chatarina Komala, Senin, 28 Juli 2014 | 12:00 WIB

Lima Tanda Pernikahan Tak Lagi Sehat

Intisari-Online.com – Pernikahan adalah hal yang sakral bagi setiap orang. Sementara beberapa pasangan berhasil melewati tahun-tahun pernikahan mereka dengan baik, ada beberapa orang yang terpaksa melewatinya dengan pertengkaran, perdebatan atau sekadar perbedaan pendapat. Akibatnya, sebuah pernikahan yang awalnya sakral pun jadi tak sehat. Berikut adalah lima tanda pernikahan tak lagi sehat.(Baca juga: Interaksi Positif dengan Pasangan Bikin Jantung Sehat

1. Perselingkuhan

Jika Anda atau pasangan Anda telah menemukan kenyamanan yang lebih baik di luar pernikahan, maka itu adalah sinyal paling jelas, Anda tidak lagi tertarik pada pasangan Anda.

2. Terlalu banyak perbedaan

Perbedaan memang hal yang wajar dalam sebagian besar hubungan. Namun, memiliki terlalu banyak perbedaan dapat membawa beberapa masalah serius. Apalagi, ketika tidak satu pun dari Anda siap menerima pandangan orang lain. Terlalu banyak argumen atau bahkan perkelahian dapat membunuh cinta dan harmoni dalam pernikahan.

3. Upaya yang tidak sama besar

Setiap perdebatan dan argumen seringkali berakhir dengan satu pihak yang terpaksa mengalah-dan satu pihak yang akhirnya mendominasi. Bila ini terjadi, berarti ada salah satu dari Anda yang membuat lebih banyak pengorbanan daripada yang lain, dan biasanya mengerjakan sesuatu lebih banyak ketimbang orang lain. Ini adalah ketidakseimbangan dalam sebuah pernikahan. Akibatnya bukan hanya pertengkaran semata, tetapi juga membunuh kebebasan individu dan kebahagiaan orang yang lebih banyak berkorban. 

4. Tidak ada komunikasi

Apakah Anda sudah berhenti berbicara satu sama lain? Apakah percakapan Anda hanya terbatas pada siapa yang membayar tagihan atau yang menjemput anak-anak dari sekolah? Ketika Anda berhenti berbagi informasi maupun rincian penting dalam hidup Anda dengan pasangan Anda, atau ketika Anda merasa tidak tertarik berbicara tentang sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan Anda dengan pasangan Anda, maka itu adalah tanda yang jelas dari pernikahan yang tidak sehat. Ini berarti, Anda tidak lagi tertarik pada satu sama lain dan hampir tidak peduli tentang urusan, pendapat, pikiran, maupun perasaan masing-masing.(Baca juga: 8 Resep Kebahagiaan Perkawinan

5. Kesamaan yang tidak sehat

Anda orang yang boros, begitu juga dengan pasangan Anda. Anda tidak peduli pada penghasilan dan ia pun demikian. Suatu hari, Anda berdua akan menemukan masing-masing bangkrut dan tak menutup kemungkinan akan berhadapan dengan masa-masa sulit dan penderitaan. Saat itu, akan selalu ada upaya untuk mengevaluasi diri yang kadang berakhir dengan saling menyalahkan. Hal ini tentu buruk, sebab pernikahan yang sehat adalah ketika di mana masing-masing orang tahu bagaimana mengontrol kelemahan diri sebelum   bekerjasama sebagai sebuah tim. (Magforwomen).