Penulis
Intisari-Online.com - Perempuan kerap terlalu banyak menceritakan masalah pribadi ke orang lain. Sebetulnya berbagi cerita masalah pribadi bukanlah sebuah kesalahan. Namun, jika berbagi terlalu banyak cerita, apalagi kepada rekan-rekan di kantor, justru bisa mengigit balik.
Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menceritakan masalah pribadi ke orang lain seperti yang ditulis di dalam buku Nice Girls Don't Get the Corner Office: 101 Kesalahan Perempuan yang Menghambat Karier Mereka.
1. Pandai-pandailah memilah cerita pribadi yang Anda bagi dan dengan siapa Anda berbagi.
(Baca juga: 3 Tips Mengendalikan Pegawai yang Susah Diatur)
2. Jika jabatan Anda di kantor adalah seorang manajer, Anda harus lebih berhati-hati. Jadilah sahabat terbaik bagi karyawan Anda, tetapi jangan pernah menganggap mereka sahabat Anda.
3. Entah Anda seorang manajer atau bukan, jangan sepenuhnya menyimpan cerita pribadi. Anda akan terkesan tidak komunikatif dan tidak jujur. Berbagi cerita pribadi secukupnya memungkinkan orang lain melihat sisi manusiawi Anda, dan sebagai hasilnya, membangun hubungan.
4. Kalau situasi pribadi memengaruhi kemampuan kerja Anda, bersikaplah jujur, tetapi singkat. Anda cukup berkata, "Saya saat ini sedang mengalami masalah sulit, tetapi saya menganggap tugas saya penting. Saya akan memberikan perhatian yang lebih baik pada tugas saya."
Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menceritakan masalah pribadi ke orang lain. Semoga bermanfaat.