Find Us On Social Media :

Robin William Bunuh Diri karena Depresi: Dua Wajah Aktor Layar Kaca

By Moh Habib Asyhad, Rabu, 13 Agustus 2014 | 20:30 WIB

Robin William Bunuh Diri karena Depresi: Dua Wajah Aktor Layar Kaca

Intisari-Online.com - Terkadang wajah aktor layar kaca yang ditampilkan di layar kaca atau film tidak sama dengan tabiat aslinya. Misalnya, tidak banyak yang menyangka bahwa aktor yang terkenal sangat humoris, bahkan terkesan sangat humanis di banyak filmnya, Robin Williams, bunuh diri karena depresi.

Sebelum meninggal dunia, Robin disebut telah lama berjuang melawan depresi mayor yang melandanya. Selama bertahun-tahun, Robin pernah kecanduan alkohol dan obat-obatan. Sempat sembuh, Robin mengaku bersentuhan kembali dengan dua barang itu ketika bermain untuk The Big White.(Baca juga: Robin Williams, Penyembuh Humanis yang Mati Tragis

Meski demikian, bukan berarti Robin menyerah dengan keadaannya. Berulang kali pemeran Mr. Keating dalam Dead Poets Society itu ingin sembuh dengan melakukan terapi dan rehabilitasi. Tapi sayang, Robin akhirnya menyudahi perjuangannya—melawan depresi—dengan tragis. Robin Williams bunuh diri karena depresi.

Tidak hanya Robin Williams, komedian lain yang sempat terserang depresi berat adalah Jim Carrey. Siapa yang tidak ngakak ketika menyaksikan aktingnya dalam Ace Ventura: Pet Detective (1994)? Atau bagaimana kocaknya Jim ketika “bertemu” Tuhan dalam Bruce Almighty (2001)? Tapi siapa sangka juga, Jim pada masa mudanya pernah mengalami depresi berat dan menjadi pemarah karena kondisi keluarganya yang miskin.

Setali tiga uang dengan dua sosok tersebut, komedian Benjamin Edward Stiller atau yang dikenal dengan Ben Stiller juga pernah mengaku mengalai depresi. Seperti dilansir disable-world.com, dalam sebuah wawancara kepada QG tahun 1999 dan Hollywood.com tahun 2001, Ben mengaku memiliki gangguan bipolar disorder. Tidak hanya dirinya, tapi juga keluarganya, meskipun pada akhirnya pernyataan itu disanggah sendiri oleh Ben.

Untuk aktor layar kaca Indonesia, kasus Marshanda mungkin bisa menjadi rujukan. Dikesankan sebagai gadis manis, lembut, dan baik hati seperti perannya dalam film Bidadari, Chaca—panggilan Marshanda—ternyata mengidap bipolar disorder.(Baca juga: Marshanda Mengidap Bipolar Disorder: Apa Itu Bipoler Disorder?)

Di layar kaca seseorang bisa tampak humoris dan inspiratif, tapi tidak selalu demikian ketika di kehidupan nyata. Termasuk Robin Williams yang bunuh diri karena depresi.