Find Us On Social Media :

Ini Penyebab Anak Tidak Mau Sekolah

By Birgitta Ajeng, Minggu, 17 Agustus 2014 | 14:00 WIB

Ini Penyebab Anak Tidak Mau Sekolah

Intisari-Online.com - Saat hari pertama sekolah tiba, orangtua sebaiknya mengantar anak ke sekolah. Hari pertama ini akan menentukan hari-hari selanjutnya sehingga jika kedua orangtuanya bekerja, disarankan mengambil cuti 1-2 hari.

Kalau anak masih tidak nyaman atau malas belajar, mungkin anak mengalami kesulitan beradaptasi di lingkungan sekolahnya. Ketegangan atau konflik sosial yang mungkin terjadi dan memengaruhi emosi serta gairah belajar anak sehingga menyebabkan anak tidak mau sekolah, antara lain:

1. Anak bersitegang atau berselisih dengan teman sekolahnya.

2. Anak merasa diremehkan, tidak diperhatikan dan dilecehkan oleh teman-teman sekolahnya karena kekurangan atau cacat yang dimilikinya.

(Baca juga: Tujuh Keuntungan Menikah Muda)

3. Anak merasa tertekan atau merasa dibedakan oleh guru akibat dari kesalahpahaman yang pernah terjadi.

4. Anak merasa tidak menyukai cara mengajar guru yang terlalu monoton dan pilih kasih dan sebagainya. Bahkan anak menjadi membenci gurunya itu. Alhasil, pelajaran yang diajarkan gurunya itu turut tidak disukainya atau malas untuk mempelajarinya.

Untuk mengatasi hal itu, disarankan orangtua bisa melakukan beberapa hal untuk menyiapkan kondisi mental anak menjelang sekolah. Salah satunya yaitu ajak anak bermain sekolah-sekolahan.

Hal ini tentu mudah karena anak-anak biasanya menyukai perilaku meniru, sebagaimana mereka kerap bermain dokter-dokteran atau pasar-pasaran dengan teman sebayanya. Anda bisa memulainya dari hal sederhana, seperti mengenakan seragam, cara memegang pensil, atau membawa bekal. Semoga dengan begitu, yang awalnya anak tidak mau sekolah berubah menjadi anak yang semangat sekolah.