Find Us On Social Media :

Solusi untuk Mengasuh Anak Kembar (2)

By Birgitta Ajeng, Rabu, 20 Agustus 2014 | 12:00 WIB

Solusi untuk Mengasuh Anak Kembar (2)

Intisari-Online.com - Melahirkan anak kembar memang sangat menggembirakan. Namun di balik kebahagiaan itu tersimpan sebuah tantangan untuk orangtua dalam mengasuh anak kembar, beberapa di antaranya yaitu mengasuh anak kembar lebih melelahkan dan menyita cukup banyak uang.

Selain itu, ada masalah lain yang perlu dipikirnya, di antaranya: Bagaimana membantu anak kembar mengembangkan identitas individu mereka? Perlukah anak kembar berada di kelas yang sama? Perlukah mereka memiliki teman-teman yang sama? Berikut ini adalah beberapa solusi untuk mengasuh anak kembar seperti ditulis di dalam buku The Big Book of Parenting Solutions: 101 Answers to Your Everyday Challenges and Wildest Worries.

4. Jaga diri

Anak kembar bisa menggandakan kegembiraan kita sebagai orangtua, tetapi sekaligus menggandakan stres. Beberapa penelitian menyatakan bahwa stres bertambah karena tugas sebagai orangtua berlipat ganda.

(Baca juga: Ini Cara Menghadapi Anak Tengah yang Merasa Sering Tidak Diperhatikan (1))

5. Ciptakan waktu berdua dengan pasangan

Menghabiskan waktu bersama pasangan dan jauh dari anak-anak adalah keharusan. Berjalan-jalan sejenak, minta pengasuh anak menjaga anak agar kita tetap bisa pergi nonton atau makan malam berdua dengan pasangan.

6. Cari cara untuk rileks

Cari tahu apa yang dapat membantu kita untuk tetap hidup seimbang dan rileks, kemudian masukkan ke dalam rutinitas sehari-hari. Luangkan waktu 10 menit sehari saja sudah cukup. Waktu luang untuk rileks dapat membantu kita menghadapi tantangan dalam mengasuh anak kembar.

(Baca juga: Ini Cara Menghadapi Anak Tengah yang Merasa Sering Tidak Diperhatikan (2))

7. Dapatkan pengetahuan

Walaupun dasar-dasar pengasuhan dapat diterapkan kepada setiap anak, ada masalah unik dalam membesarkan anak-anak kembar. Jadi mulailah membaca buku untuk mendapatkan pengetahuan baru dalam mengasuh anak kembar.

Nah, itu tadi beberapa solusi untuk mengasuh anak kembar. Semoga bermanfaat.

-selesai-