Find Us On Social Media :

Ini Tahapan Pemberian Toilet Training untuk Bayi dan Anak

By Birgitta Ajeng, Kamis, 2 Oktober 2014 | 16:00 WIB

Ini Tahapan Pemberian Toilet Training untuk Bayi dan Anak

Intisari-online.com - Mengompol merupakan hal wajar yang dialami semua anak. Namun lambat laun anak seharusnya sudah bisa menahan diri untuk tidak mengompol dengan latihan kebersihan atau toilet training yang diberikan oleh orangtua atau pengasuh mereka. Berikut ini tahapan pemberian toilet training untuk bayi dan anak.

1. Tahap pertama adalah sewaktu masih bayi, segeralah ganti popok anak saat mereka buang air kecil dan besar. Perasaan risih anak sebenarnya sudah tumbuh dan akan berkembang dengan baik apabila direspons dengan kecekatan orangtua untuk membersihkannya.

2. Tahap kedua adalah dengan membiasakan anak buang air kecil sebelum tidur dengan cara di-tatur, yaitu dilepas celananya dan dibawa ke toilet untuk digendong dan dibiarkan sampai si anak pipis. Cara me-natur, yaitu memegang kepala anak dengan tangan kiri dan rasa sayang dan juga kakinya dengan tangan kanan. Daerah kemaluan dibiarkan mengarah ke lantai toilet agar mereka bisa buang air kecil di sana. Biasanya ibu sambil berkata "pis.. pis.. pis..". Cara ini bisa dilakukan mulai anak berusia satu tahun.

3. Tahap ketiga adalah dengan membiasakan anak menyatakan keinginan buang air kecil dan besar. Saat anak terlihat tegang maka orangtua segera menanyakan apakah ia ingin buang air kecil? 4. Memberikan pengarahan cara membersihkan diri setelah buang air kecil dan buang air besar. Biasanya hal ini dilakukan saat anak sudah berusia lebih dari 18 bulan.

Toilet training sebenarnya bisa dilakukan saat bayi berusia 18 bulan. Namun, di Indonesia toilet training mulai dilakukan saat bayi usia 1 tahun. Dengan membiasakan anak untuk menyatakan keinginan buang air atau besar sampai melatih untuk membersihkan sendiri akan membuat anak lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Nah, itu tadi beberapa tahapan pemberian toilet training untuk bayi dan anak. Semoga bermanfaat.