Find Us On Social Media :

Ini Cara Memilih Mainan yang Baik Bagi Anak (2)

By Birgitta Ajeng, Kamis, 16 Oktober 2014 | 13:00 WIB

Ini Cara Memilih Mainan yang Baik Bagi Anak (2)

Intisari-Online.com - Mainan yang baik bagi anak adalah mainan yang mampu menunjang tumbuh kembang mereka dengan baik dan sesuai norma setempat. Sayangnya, ketika anak menginginka mainan, orangtua hanya punya dua pilihan: begitu saja membelikannya atau justru menolaknya, tanpa mempertimbangkan dampak positif maupun negatif dari mainan tersebut. Untuk itu, berikut ini cara memilih mainan yang baik bagi anakseperti ditulis oleh Afin Murtie dalam buku All About Kesehatan (2014).

1. Pilih mainan untuk dieksplorasi oleh anak

Pilih mainan yang bisa menumbuhkan kreativitas anak untuk mengeksplorasinya. Misalnya dengan lebih memilih mainan merakit mobil daripada memilih mobil-mobilan yang telah lengkap. Demikian pula lebih baik menggambar dan diwarna sendiri daripada beli lukisan.

2. Temani anak saat bermain agar mereka mengerti manfaat dan cara melakukan permainan

Kadang kala anak membuang mainannya karena tidak bisa memperlakukan mainan tersebut. Dengan ikutnya orangtua bermain dengan anak maka anak akan lebih memahami berbagai fungsi dan cara memperlakukan mainan. Misalnya mobil-mobilan yang ditarik dan didorong, bukan dibanting.

3. Ajak anak bermain bersama teman sebaya

Bermain dengan teman sebaya merupakan kebuuthan anak untuk dapat bersosialisasi dengan lingkungannya. Mengajak anak bermain dengan teman sebaya antara lain dengan memasukkannnya dalam play group atau TPQ.

Nah, itu tadi beberapa cara memilih mainan yang baik bagi anak. Semoga bermanfaat.

-selesai-