Find Us On Social Media :

5 Teknik Sederhana untuk Atasi Stres dengan Cepat

By Axel Natanael Nahusuly, Rabu, 22 Oktober 2014 | 09:00 WIB

5 Teknik Sederhana untuk Atasi Stres dengan Cepat

Intisari-Online.com - Selain masalah keluarga dan konflik antar sahabat, beban pekerjaan merupakan salah satu faktor yang rentan membuat seseorang mengalami stres. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui teknik sederhana untuk atasi stres dengan cepat. Berikut uraiannya.

1. Manjakan diri dengan makanan favoritSaat sedang dilanda stres, menjamu diri sendiri dengan makanan favorit tanpa mengkhawatirkan berat badan, dipercaya dapat meredakan tekanan yang kita rasakan. Menurut studi yang dipublikasikan pada Journal of Proteome Research, mengatakan bahwa mengudap cokelat hitam sebanyak 1,4 ons mampu menurunkan hormon kortisol (hormon stres) serta katekolamin dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan ini juga dapat menurunkan rasa gelisah dan meningkatkan energi untuk lebih bersemangat menyelesaikan pekerjaan.

2. Bersikap baik pada orang lainSemua orang pasti senang saat menerima pujian dan bantuan. Maka dari itu, tebarkanlah kebaikan di lingkungan sekitar. Percayalah bahwa apa yang kita tabur, itulah yang akan kita tuai. Jika kita menabur kebaikan kepada orang, kemungkinan besar orang lain pun akan baik pada kita. Tapi janganlah kita jadi mengharapkan imbalan dari setiap kebaikan kita. Perbuatlah itu dengan tulus. Jadi kalaupun orang lain tidak membalas kebaikan kita, kita tidak menjadi kesal atau semakin stres.

3. Menyayangi hewanHanya penyayang hewan yang mengerti bahwa rasa sayang dari hewan peliharaan bisa membuat kita sejenak waktu melupakan stres. Kalau kita punya hewan peliharaan, cobalah bermain dengannya. Mungkin itu akan membantu kita melepas rasa stres.

4. Merencanakan liburanBerfantasi soal liburan impian dan merencanakannya, menurut sebuah penelitian, dapat melonggarkan tekanan dalam pikiran kita.

5. Lakukan satu perbuatan baikBersedekah, membantu anak kecil atau orangtua menyeberang jalan dan sebagainya, mampu menciptakan senyuman dan membuat hati yang sebelumnya sesak menjadi lebih lapang serta bahagia.Itu dia teknik sederhana untuk atasi stres dengan cepat. Coba praktikkan yuk. (Kompas)