Find Us On Social Media :

Warna Kuning Mampu Membuat Seseorang Merasa Bahagia

By Birgitta Ajeng, Kamis, 13 November 2014 | 13:00 WIB

Warna Kuning Mampu Membuat Seseorang Merasa Bahagia

Intisari-Online.com - Dalam ilmu psikologi, setiap warna diyakini memiliki pengaruh terhadap manusia. Percaya atau tidak, warna busana yang dikenakan seseorang ternyata dapat mencerminkan suasana hatinya. Menurut sebuah penelitian, warna kuning mampu membuat seseorang merasa bahagia, ceria, dan senang.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Vrije Universiteit Amsterdam, Belanda, orang-orang dewasa merasa bahagia ketika disajikan benda-benda berwarna kuning. Para ahli menyatakan, berbagai macam perasaan yang positif pun direpresentasikan oleh warna kuning.

"Warna kuning diyakini sebagai warna kebahagian dan mewakili optimisme, kehangatan, dan harapan," ujar Karen J Pine, seorang profesor di bidang psikologi dari University of Hertfordshire, Inggris.

Lebih lanjut, Pine menjelaskan, tim-tim kerja yang menangani keadaan darurat dan pasukan penyelamat tidak hanya mengenakan busana seragam kerja berwarna kuning untuk mempermudah penglihatan mereka saat bekerja, tapi juga untuk mempompa semangat agar selalu optimis.

Nah, sekarang sudah jelas dong, mengapa simbol smiley dalam lingkaran bulat memakai warna kuning? Sebab, warna tersebut bermakna harapan untuk selalu bahagia setiap hari.

Jadi saat merasa kurang bahagia dan kesal, perbaikilah suasana hati dengan mengenakan busana berwarna kuning. Tujuannya untuk menumbuhkan semangat dan kebahagiaan.

Selain busana, tas atau sepatu berwarna kuning juga bisa digunakan. Sebab seperti yang sudah dikatakan di awal, warna kuning mampu membuat seseorang merasa bahagia Namun, pastikan jangan sampai rona kuning mendominasi secara keseluruhan. Coba padukan warna kuning dengan hitam atau putih agar tercipta penampilan yang enak dipandang. (kompas.com)