Find Us On Social Media :

Hindari Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan

By Birgitta Ajeng, Jumat, 14 November 2014 | 16:00 WIB

Hindari Hal Ini saat Bertengkar dengan Pasangan

Intisari-Online.com - Pertengkaran adalah suatu hal yang lumrah terjadi di dalam kehidupan sepasang kekasih ataupun suami-istri. Tapi karena mudah terbawa emosi, sering kali perkataan ataupun tindakan justru bisa menimbulkan sakit hati yang mendalam bagi pasangan. Hindari hal ini saat bertengkar dengan pasangan.

1. Hindari tindakan fisik

Hindari pertengkaran yang melibatkan tindakan fisik (kekerasan), seperti menampar atau memukul. Hal ini akan meninggalkan trauma pada salah satu pihak dan mungkin saja berbuntut ke pengadilan.

2. Hindari bersikap tertutut

Ungkapkan perasaan secara terbuka, entah itu saat sedih, kecewa, marah, atau putus asa. Sampaikanlah perasaan tersebut dengan kata-kata dan suara yang lembut. Kekecewaan yang dipendam akan menimbulkan stre. Lebih baik terbuka atas segala kekecewaan sehingga pasangan sadar dan bisa ikut memperbaiki hubungan tersebut.

3. Hindari kata-kata yang menjatuhkan harga diri

Hindari kata-kata yang menjatuhkan harga diri seperti “pemalas”, “tolol”, dan kata-kata kasar lainnya – apalagi di depan teman-temannya. Pada puncak kemarahan, masing-masing biasanya akan bertahan pada egonya. Kalau mau mengkritik, sebaiknya tunjukkan kritik tersebut pada perilakunya, bukan karakternya.

4. Jangan menyela

Mendengarkan merupakan suatu kegiatan yang jarang sekali bisa dilakukan dengan baik, karena orang selalu punya kecenderungan untuk menyela. Pasangan akan merasa dihargai dan dipercaya jika kita mendengarkan apa yang diucapkan dengan penuh perhatian.

5. Hindari mau menang sendiri

Mengalam demi menghindari masalah diperlukan saat bertengkar dengan pasangan. Kalau salah satu memilih mengalah demi mempercepat penyelesaian masalah, hal ini justru akan membuat si pengalah menyesal di kemudian hari. gunakan prinsip win-win solution alias menyelesaikan persoalan tanpa ada yang merasa dirugikan ataupun disalahkan. Hal ini bisa menghasilkan jalan keluar terbaik bagi kedua belah pihak. Ingat, jangan terlalu terobsesi untuk menang.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, hindari hal ini saat bertengkar dengan pasangan agar pertengkaran tidak semakin meruncing.